Kompas.com - 08/06/2018, 20:49 WIB

KOMPAS.com - Pernah mendengar ada (atau banyak) remaja kabur dari rumah?

Menurut hasil penelitian Dr. Brett Laursen, profesor dan peneliti dari Departemen Psikologi Universitas Florida Atlantic, remaja awal lebih banyak mengungkapkan ketidaksetujuan terhadap ibu daripada teman, pacar, saudara, ayah, atau orang dewasa lainnya. 

Remaja awal, sekitar usia 13-15 tahun umumnya merupakan waktu ketika konflik antara remaja dan orang tua meningkat tajam. Biasanya ini terjadi bersamaan dengan perubahan fisik dan kemampuan daya pikir anak yang berkembang dan menemukan cara pandang baru.

Sumber konflik bermacam-macam, misalnya soal anak mulai senang main dan jarang di rumah, anak remaja mulai senang dengan lawan jenis, perbedaan pandangan soal belajar, soal penggunaan handphone, dan sebagainya.

Penelitian lainnya yang mengambil sampel beberapa SMA menunjukkan bahwa konflik paling banyak terjadi dengan ibu, dan mayoritas terjadi antara ibu dan anak perempuan.

Lalu apa yang membuat sampai anak nekat kabur atau minggat dari rumah? Laman resmi Sahabat Keluarga dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) merangkum penyebab anak nekat minggat dari rumah karena beberapa faktor:

1. Suasana rumah tidak nyaman

Secara umum, remaja kabur dari rumah disebabkan ketidaknyamanan mereka berada di rumah. Banyak yang berani pergi dari rumah karena penyiksaan orang tua atau orang dewasa lainnya. Ada pula orang tua pecandu obat atau alkoholik. Pada beberapa kasus, bisa jadi karena orang tua tidak mampu menafkahi dengan baik. Orang tua yang cepat marah maupun orang tua yang gagal memberikan perhatian pada remaja juga menjadi penyebab kaburnya remaja dari rumah.

2. Bukan soal ekonomi semata

Remaja yang kabur dari rumah bukan hanya dari kalangan sosial ekonomi lemah. Pada kalangan sosial ekonomi menengah, biasanya remaja memutuskan untuk kabur dari rumah ketika sudah lelah dengan orang tua yang bermuka dua, orang-orang yang mengaturnya, sedangkan mereka hidup dengan bebas dan idealisme-idealisme yang salah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.