4 Tips Mengenalkan Puasa pada Anak

Kompas.com - 12/06/2018, 21:12 WIB
Ilustrasi tidak makan MaleWitchIlustrasi tidak makan

KOMPAS.com -  Anak kecil yang belum puber memang belum diwajibkan menjalani puasa selama bulan Ramadhan.

Namun, sebagai orangtua tentu tidak ada salahnya jika ingin mengenalkan anak tentang puasa Ramadhan sejak dini. Tujuannya, saat ia sudah wajib untuk puasa, ia sudah biasa menjalankan puasa ramadan dengan baik.

Lalu, bagaimana cara mengajarkan anak puasa pertama kali?

Mengajari anak puasa mungkin susah-susah gampang. Ada anak yang ingin sekali puasa seperti anggota keluarga lain namun ada juga anak yang tidak ingin. Sebelum mengajarkan anak puasa, sebaiknya beri pengertian kepada anak terlebih dahulu apa itu puasa dan mengapa mereka perlu menjalankannya tiap tahun.

Setelah diberi pengertian, anak mungkin akan lebih mudah untuk mengikuti ibadah puasa.

Dikutip dari laman hellosehat.com, berikut beberapa tips untuk memperkenalkan anak pada puasa:

1. Memberi teladan

Memberi pelajaran kepada anak sebaiknya dengan contoh. Hal ini membuat anak lebih mudah menjalankannya. Hal ini dapat dimulai dari orangtua sendiri.

Saat orangtua menjalankan ibadah puasa, pasti anak akan bertanya apa itu puasa, mengapa ibu atau bapak tidak makan, dan lain sebagainya. Hal ini akan menimbulkan rasa penasaran anak sehingga anak ingin mencobanya dan mempraktikannya sendiri. Ingat, di usia anak yang masih muda, anak bisa dengan mudah meniru perilaku seseorang di sekitarnya.

Baca juga: 4 Hal Ini Dapat Diajarkan pada Anak Saat Ramadhan

2. Tidak memaksa

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X