Kompas.com - 18/06/2018, 21:44 WIB
Ilustrasi mudik bersama keluarga. SHUTTERSTOCKIlustrasi mudik bersama keluarga.

KOMPAS.com - Mudik atau pulang kampung libur Hari Raya Idul Fitri dapat digunakan orangtua dalam menumbuhkan pendidikan karakter anak.

Salah satunya, seperti disampaikan psikolog anak dan keluarga Anna Surti Ariani, orangtua bisa mengajarkan anak tentang tanggung jawab. Misalnya, orangtua bisa meminta anak untuk membawa barangnya sendiri dengan membawa tas kecil. Isi tas dengan barang-barang anak seperti boneka kecil atau tiga mobil-mobilan. 

"Tidak perlu banyak isinya, ini hanya latihan anak bertanggung jawab," kata psikolog lulusan Fakultas Psikologi UI. 

Namun, psikolog yang akrab dipanggil Nina ini juga mengingatkan, isi di dalam tas bukan barang mahal dan bernilai bagi anak. "Barang bernilai tidak harus mahal ya, tapi yang berkesan baginya. Sehingga bila anak lalai lalu ketinggalan atau hilang tidak terlalu sedih," ujar Nina lagi.

Agar tas tersebut tidak hilang atau ketinggalan saat perjalanan mudik atau balik Lebaran, orangtua perlu mengingatkan anak berulang kali. "Orangtua memang harus cerewet karena rentan ketinggalan," pesan Nina. 

Pendidikan karakter lain, dikutip dari Sahabat Keluarga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dapat dimanfaatkan orangtua saat mudik antara lain:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Melatih kesabaran anak

Selama perjalanan mudik, ada saja kendala yang bisa terjadi, seperti penundaan jadwal penerbangan atau kondisi bandara yang ramai, kemacetan, bahkan mungkin mobil mogok, sehingga anak menjadi rewel.

 

Baca juga: Menciptakan Waktu Berkualitas Bersama Balita

Oleh sebab itu, aktivitas mudik bisa menjadi peluang yang baik bagi orangtua untuk mendidik anak agar bersabar dan tetap bersikap menyenangkan selama perjalanan. Sesekali, orangtua bisa memberikan anak hadiah atas sikap baiknya.

2. Memperkenalkan keluarga di kampung halaman

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X