Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Lulus? Ikuti 3 Tips Ini agar Tidak Stres Mencari Kerja

Kompas.com - 19/06/2018, 19:37 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Biasanya, calon lulusan baru atau fresh graduate akan berlomba-lomba menyelesaikan pendidikan agar memperoleh gelar tepat waktu dan cepat dalam memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakatnya.

Namun sayang, kenyataan tidak semudah apa yang menjadi harapan.

Nyatanya, ada lulusan belum memiliki pekerjaan. Bila tidak hati-hati, hal ini dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti stres dan depresi. 

Untuk menghindari hal tersebut, ada 3 hal yang dapat dilakukan:

1. Membuka diri

Dikutip dari Halo Sehat, salah satu cara mengatasi stres saat mencari kerja adalah dengan mengeksplorasi diri seluas mungkin. Bisa saja muncul rasa minder saat belum mendapatkan pekerjaan yang memengaruhi kita malas dan enggan keluar rumah.

Padahal, hal ini salah. Kita malah dianjurkan untuk lebih banyak berinteraksi dan bersosialisasi. Ada banyak hal yang dapat kita dilakukan, di antaranya mengikuti kursus keahlian.

Dengan mengikuti kursus atau pelatihan diri di bidang-bidang tertentu, diharapkan dapat membangun dan menggali kemampuan dimiliki. Nantinya ketika hendak melamar pekerjaan lagi, kita pun sudah siap untuk bersaing dan bekerja.  Mengikuti kursus juga akan memperluas jaringan dan Anda akan mendapatkan banyak pengalaman.

Baca juga: Hasil Survei 2018, 5 Jurusan Ini Memiliki Gaji Tinggi Setelah Bekerja

Atau pilhan lain dengan bergabung menjadi relawan. Dengan menjadi relawan, hal tersebut dapat meningkatkan rasa bahagia dan rasa mengasihi satu sama lain dalam diri kita.

Bonusnya, kita memperluas koneksi relasi sambil menambah-nambah pengalaman untuk curriculum vitae (CV).

2. Membuat perencanaan keuangan

Khawatir dengan masalah keuangan saat sumber mata pencaharian tetap belum ada adalah hal yang wajar. Namun hal ini umumnya justru sering menjadi sumber stres dan depresi pada orang yang sedang mencari kerja.

Daripada khawatir namun tidak menghasilkan apapun, ada baiknya kita mulai melakukan pengaturan rencana keuangan.

Luangkan waktu untuk membuat anggaran mulai dari biaya ongkos mencari pekerjaan, kebutuhan makan sehari-hari, sampai baju yang akan kita beli saat hendak melamar kerja.

Ini juga bisa jadi motivasi atau pecutan buat kita mencari pekerjaan secara realistis.

3. Melakukan evaluasi

Kita juga perlu melakukan refleksi diri di sela-sela mencari pekerjaan. Refleksi diri atau bercermin pada diri sendiri dapat mencegah stres saat mencari kerja. Alasannya, kita jadi lebih fokus mencari solusi, bukan fokus mencari siapa yang bisa disalahkan.

Dengan refleksi dan evaluasi, kita mencermati lagi proses dalam mencari kerja. Misalnya, memastikan tidak kesalahan dalam penulisan di CV, melamar ke perusahaan yang bukan bidang keahlian, atau bahkan kesalahan saat melakukan wawancara kerja.

Selain 3 hal tersebut di atas, kita bisa juga bisa mengisi kekosongan waktu dengan melakukan hal yang disukai. Cobalah mulai dari hal kecil, seperti membersihkan kamar, berkebun, atau menggeluti hobi yang Anda miliki. Hal itu dapat juga menjauhkan kita dari stres saat mencari kerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com