Kompas.com - 23/06/2018, 19:48 WIB
UGM Lepas 5.992 Mahasiswa KKN ke 34 Provinsi Dok. Humas UGMUGM Lepas 5.992 Mahasiswa KKN ke 34 Provinsi

KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) melepas 5.992 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masayarakat (KKN PPM) untuk terjun langsung ke 34 provinsi, 107 kabupaten/kota di Indonesia.

Ribuan mahasiswa KKN tersebut berasal dari 18 Fakultas dan Sekolah Vokasi dan dilepas langsung oleh Rektor UGM Panut Mulyono dan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sanjojo, 23 Juni 2018, di Lapanga Grha Sabha Pramana (GSP) UGM, Yogyakarta.

“Kegiatan KKN-PPM UGM tahun 2018 mengambil tema UGM Bersinergi membangun Desa. Ada 16 tema utama, salah satunya Revitalisasi Kawasan Transmigrasi di Lampung, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, NTT, serta Sulawesi Tengah,” kata Panut seperti dikutip dari laman resmi berita UGM.

Pelaksanaannya ditujukan untuk menumbuhkembangkan empati dan kepedulian civitas akademika UGM terhadap berbagi permasalahan riil di masyarakat.

“Sebagai universitas kerakyatan, UGM mempunyai komitmen untuk mengabdi pada kepentingan rakyat. Sejak tahun 1951 telah mengerahkan mahasiswa ke luar Jawa sebagai guru yang mengajar di SLTA atau dikenal sebagai Pengerahan Tenaga Mahasiswa (PTM) sebagai bentuk pertama kegiatan KKN,” tuturnya.

Para mahasiswa KKN tersebut diterjukan di 212 unit dan menjalankan program selama 2 bulan. Kegiatan operasional lapangan dilaksanakan mulai 3 Juni-10 Agustus 2018.

KKN saat ini telah menjadi kegiatan wajib bagi mahasiswa UGM. Program KKN ini, kata rektor, terus mengalami perkembangan sebagai respon dari kondisi dinamika masyarakat dan KKN-PPM merupakan respon UGM terhadap kuatnya tekanan globalisasi pada lapisan masyarakat Indonesia.

Perubahan KKN menjadi KKN-PPM ditandai dengan perubahan paradigma pembangunn menjadi pemberdayaan.

Baca juga: 10 Universitas Terbaik Asean 2019, Di Mana Posisi Indonesia

Tidak lupa rektor menyampaikan pesan pada para mahasiswa agar selalu menjaga dan menjunjung nama baik almamater UGM dengan dedikasi dan prestasi kerja tinggi.

“Selamat mengabdi, semoga program-program yang saudara rencanakan dapat berjalan lancar dan bermanfaat bagi masyarakat dan juga mahasiswa,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.