Hari Ini Harganas, Ini 3 Kurikulum untuk Keluarga - Kompas.com

Hari Ini Harganas, Ini 3 Kurikulum untuk Keluarga

Kompas.com - 29/06/2018, 11:43 WIB
Hari Keluarga NasionalDok. Kemendikbud Hari Keluarga Nasional

KOMPAS.com - Tanggal 29 Juni diperingati sebagai Hari Keluarga Nasional (Hagarnas) dan tahun ini telah memasuki tahun ke 25.

Tujuan dari peringatan ini adalah untuk mengingatkan kembali keluarga sebagai pusat pendidikan bagi anak-anak.

Tahun ini Harganas mengangkat tema "Hari Keluarga : Hari Kita semua” , dengan membawa moto “Cinta Keluarga Cinta Terencana”. Tema dan moto tersebut memiliki maksud pentingnya mencintai dalam keluarga dan pentingnya perencanaan dalam membangun keluarga.

Dikutip dari buku "Praktik Baik Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga" yang diliris Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) beberapa prinsip penting keluarga di antaranya:

1. Keluarga merupakan pendidik pertama dan  utama bagi  pembentukan pribadi dan karakter setiap individu. Orangtua memegang peran penting dan strategis dalam mengantarkan pendidikan bagi anak.  

Baca juga: Menjadikan Sekolah Rumah Kedua Siswa dan Orang Tua

2. Orang tua mempunyai aspirasi tinggi: percaya bahwa anak mampu, sebelum anak tahu bahwa dirinya mampu.

3. Mencintai anak dengan tulus, tanpa syarat dalam tantangan dan kondisi apapun.

4. Orang tua merupakan pelajar sepanjang hayat: refleksi dan adaptasi harus selalu dipraktikkan.

5. Bermain dengan sungguh-sungguh, menciptakan momen-momen bermakna dan menyenangkan.

Kurikulum yang dapat ditumbuhkan dalam keluarga:

1. Pemberdayaan Orangtua

Orangtua berperan dan terlibat aktif sebagai bentuk tanggung jawab kepada komunitas dan seluruh siswa, bukan hanya pada anaknya. 

2. Hubungan Reflektif

Setiap anggota keluarga berperan menciptakan interaksi yang menyenangkan dan bermakna. Kekuatan individu menjadi kekuatan keluarga inti, kekuatan keluarga besar dan kekuatan masyarakat mendukung kebahagiaan setiap anak.

3. Belajar Reflektif

Setiap anggota keluarga berperan menciptakan interaksi yang menyenangkan dan bermakna. Kekuatan individu menjadi kekuatan keluarga inti, kekuatan keluarga besar dan kekuatan masyarakat mendukung kebahagiaan setiap anak.

Puncak peringatan Harganas tahun 2018 akan diselenggarakan di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara pada tanggal 7 Juli 2018.

 

Selamat Hari Keluarga Nasional XXV. Mari jadikan keluarga sebagai pusat pendidikan bagi anak-anak kita. #cintakeluargacintaterencana .
.

Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXV tahun 2018 mengangkat tema "Hari Keluarga : Hari Kita semua” , dengan membawa moto “Cinta Keluarga Cinta Terencana”. Tema dan moto tersebut memiliki maksud pentingnya mencintai dalam keluarga dan pentingnya perencanaan dalam membangun keluarga. Peringatan Harganas dimaksudkan untuk mengingatkan pada seluruh masyarakat Indonesia akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara. Puncak peringatan Harganas tahun 2018 akan diselenggarakan di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara pada tanggal 7 Juli 2018.


Komentar
Close Ads X