Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Mendikbud: Kurikulum yang Sesungguhnya adalah Para Guru

Kompas.com - 30/06/2018, 23:25 WIB
Kurniasih Budi

Penulis

KOMPAS.com - Sosok guru dalam proses pembelajaran seorang siswa dinilai sangat vital. Oleh karenanya, guru mesti memberi teladan pada muridnya dalam proses pendidikan.

“Kurikulum yang sesungguhnya adalah para guru. Maka, guru harus bisa memberikan teladan kepada anak muridnya," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy dalam siaran tertulis, Sabtu (30/6/2018).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan bantuan pendampingan kurikulum 2013 kepada sekolah-sekolah.

Kegiatan itu di antaranya digelar di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Jawa Tengah, Kamis (28/6/2018) lalu.

(Baca: Pemerintah Optimistis Mampu Terapkan Kurikulum 2013 Tahun Ini)

Muhadjir berpesan pada para guru agar pembelajaran juga jangan terlalu kaku pada ketetapan kurikulum.

Oleh karenanya, ia berharap para kepala sekolah mampu membantu para guru memahami perannya sebagai pendidik, bukan sekadar pengajar.

Maka dari itu, pembelajaran yang diterapkan di sekolah haruslah fleksibel serta mampu memberikan ruang yang cukup untuk pengembangan diri siswa.

Sebelumnya, Muhadjir menjelaskan bahwa Kemendikbud telah menggulirkan beragam kebijakan dalam rangka merestorasi pendidikan nasional melalui sistem persekolahan.

Mendikbud pun mengajak para kepala sekolah yang hadir siang itu untuk menyelami dan merenungkan inti dari kebijakan yang ditempuh pemerintah selama dua tahun terakhir ini.

Baca: Pemerintah Kebut Pelatihan Guru Agar Bisa Terapkan Kurikulum 2013

Restorasi pendidikan dimulai dari revitalisasi komite sekolah, pengaturan hari sekolah yang diperkuat oleh Instruksi Presiden mengenai Penguatan Pendidikan Karakter, penerapan sistem zonasi, penyesuaian beban kerja guru, serta penguatan peran kepala sekolah.

"Satu sama lainnya saling berkelindan," ujarnya.

Target implementasi Kurikulum 2013

Plt. Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Hamid Muhammad mengatakan, saat ini terdapat sekitar 78.000 sekolah yang memasuki tahap akhir implementasi Kurikulum 2013.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com