Kompas.com - 03/07/2018, 17:52 WIB
Ilustrasi. Contoh pengumuman peserta diterima dalam seleksi SBMPTN 2018 Yohanes EnggarIlustrasi. Contoh pengumuman peserta diterima dalam seleksi SBMPTN 2018

KOMPAS.com - KOMPAS.com - Penetapan hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) hari ini (3/7/2018) dipercepat dari jadwal semula Pk. 17.00 WIB menjadi Pk. 15.00.

Berdasarkan jumlah pendaftar, persentasi peserta yang dinyatakan lulus SBMPTN sebesar 19.28% pada 85 perguruan tinggi negeri (PTN) yang mengikuti SBMPTN tahun ini.

Sebanyak 165.831 peserta diterima dalam SBMPTN tahun ini dari total pendaftar sebanyak 860.001 peserta.

Ketua Panitia Pusat SBMPTN, Ravik Karsidi dalam kesempatan konferensi pers pengumuman hasil SBMPT menyampaikan mekanisme pengumuman hasil seleksi melalui internet:

1. Peserta diminta memasukan nomor peserta dan tanggal lahir.

Baca juga: Jadwal Pengumuman SBMPTN Dipercepat, 16.5831 Peserta Dinyatakan Lulus

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Jika peserta diterima akan ditampilkan: nomor peserta, nama peserta, nama PTN diterima, nama program studi (prodi) diterima disertai ucapan: "Selamat atas keberhasilan Anda"

3. Jika peserta tidak diterima akan ditampilkan: nama peserta, tanggal lahir peserta dan ucapan: "Mohon maaf, peserta atas nama (nama peserta) dengan No. peserta (nomor peserta) dinyatakan tidak diterima pada SBMPTN 2018.

Ilustrasi. Contoh pengumuman tidak terima hasil seleksi SBMPTN 2018Yohanes Enggar Ilustrasi. Contoh pengumuman tidak terima hasil seleksi SBMPTN 2018

Panitia pusat mengingatkan kepada peserta yang diterima agar segera melakukan registrasi atau mendaftar ulang pada masing-masing PTN sesuai jadwal.

"Peserta yang tidak diterima diharapkan tidak berputus asa dan tetap semangat karena masih memiliki kesempatan mengikuti jalur seleksi mandiri di beberapa PTN yang menyelenggarakan," ujar Ravik.

Ravik menambahkan, umumnya tiap PTN menetapkan kuota 30% untuk SNMPTN dan 30% untuk SBMPTN sehingga masih ada kuota tersedia dari jalur mandiri.

Total 165 ribu lebih peserta yang diterima dalam SBMPTN terdiri atas 68.333 peserta dari kelompok Saintek (Sains dan Teknologi), 64.882 dari peserta Soshum (Sosial dan Humaniora) serta kelompok campuran sebanyak 32.616 peserta.

Hasil kelulusan dapat diakses langsung melalui laman resmi SBMPTN melalui tautan http://pengumuman.sbmptn.ac.id. Selain laman resmi yang telah disiapkan, panitia SBMPTN juga menyertakan tautan alternatif melalui laman resmi 12 perguruan tinggi negeri (PTN). 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.