Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

60.563 Peserta Ikuti Utul UGM

Kompas.com - 09/07/2018, 21:39 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 60.563 peserta mengikuti seleksi Ujian Tulis (Utul) Univeristas Gadjah Mada, Minggu, 8 Juli 2018. Seleksi penjaringan terakhir untuk program strata 1 ini dilaksanakan secara serentak di empat kota besar, yakni Yogyakarta, Jakarta, Pekanbaru dan Medan.

Rektor UGM, Panut Mulyono mengatakan jumlah mahasiswa mengikuti ujian tulis tahun ini meningkat dibanding tahun lalu.

“Tahun lalu hanya 47.306 orang,” kata Panut seperti dikutip dari laman resmi berita UGM.

Dari jumlah mahasiswa baru diterima kurang lebih 10 ribu orang setiap tahunnya, sekitar 30 persen calon mahasiswa baru diterima melalui dari proses penjaringan dari seleksi Utul.

“Untuk Utul porsi 30 persen dari total daya tampung,” tambah Panut.

Menurutnya, persiapan proses seleksi mahasiswa lewat Utul dilakukan dengan matang dan  berharap pelaksanaan ujian bisa berlangsung dengan lancar.

Apalagi, UGM menggandeng beberapa kampus dan sekolah sebagai lokasi pelaksanaan ujian, seperti SMAN 3 Yogyakarta, SMA Stelladuce, Fakultas Teknik UNY, Universitas Sanata Dharma, Unriyo, Amikom dan UPN Veteran Yogyakarta.

 

Baca juga: Jadwal dan Cara Registrasi Mahasiswa UGM dari Jalur SBMPTN

“Mudah-mudahan bisa berjalan dengan baik dan lancar,”katanya.

Meski dilaksanakan secara mandiri oleh UGM, pelaksanaan ujian tulis dilakukan dengan seleksi ketat dan standar penilaian cukup tinggi. “Prosesnya sangat selektif dengan ketetapan yang sangat tinggi untuk menjaring calon terbaik putra putri bangsa,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan UGM, Djagal Wiseso Marseno menegaskan UGM tetap mempertahankan proses penjaringan mahasiswa melalui ujian mandiri meski beberapa universitas seperti UI dan ITB sudah tidak lagi melaksanakan ujian mandiri, namun mengandalkan nilai dari hasil ujian SBMPTN.

“Selain bisa menjaring peserta didik yang potensial secara akademik dan bisa menjaring sesuai dengan kondisi geografi di Indonesia yang berasa dari wilayah 3T, sehingga Ujian Tulis masih diselenggarakan,”paparnya.

peserta Utul UGM terbanyak 51.632 mengikuti seleksi di Yogyakarta, 4.610 orang di Jakarta, 1.500 orang di Medan dan 2.487 orang di Pekan baru.

Para peserta seleksi ujian tulis ini akan memperebutkan 2.115 kursi program sarjana dan 443 kursi pada program diploma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com