Hari Ini Pengumuman Hasil Seleksi UMPTKIN, Cek di Sini - Kompas.com

Hari Ini Pengumuman Hasil Seleksi UMPTKIN, Cek di Sini

Kompas.com - 10/07/2018, 08:42 WIB
UMPTKIN 2018Dok. UMPTKIN UMPTKIN 2018

KOMPAS.com — Pengumuman Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN) akan dilaksanakan hari ini, Selasa, 10 Juli 2018, pada pukul 10.00 WIB. 

UMPTKIN merupakan seleksi calon mahasiswa yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh Universitas Islam Negeri ( UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) dalam sistem terpadu.

Penyelenggaraan UMPTKIN secara serentak dilaksanakan oleh panitia pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. 

Hasil pengumuman UMPTKIN dapat diakses secara daring atau online melalui http://pengumuman.um-ptkin.ac.id/.

UMPTKIN tahun ini menawarkan 1.155 jumlah prodi dengan total kuota 43.245 calon mahasiswa.

Pelaksanaan tes UMPTKIN telah dilaksanakan pada 22 Mei 2018 terbagi dalam tiga kelompok ujian UMPTKIN, meliputi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Ilmu Pengetahuan Campuran (IPC).

Baca juga: Catat, Ini Jadwal Ujian Mandiri Beberapa Universitas Negeri

Tahun ini, pelaksanaan UMPTKIN terbagi dalam 6 zona dan diikuti 57 UIN, IAIN maupun STAIN, antara lain UIN Imam Bonjol Padang, IAIN Bukittinggi, STAIN Bengkalis, STAIN Meulaboh, UIN Raden Intan Bandar Lampung, STAIN Curup, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, STAIN Kediri, serta IAIN Pare Pare.

Pelaksanaan tes UMPTKIN telah dilaksanakan dalam dua pilihan macam tipe ujian yaitu:

1. Paper Based Test (PBT): adalah ujian yang diselenggarakan secara tertulis. Soal dan Jawaban disajikan di dalam kertas. Untuk tes ini Peserta wajib membawa pensil 2B pada saat ujian karena tes ini menggunakan lembar jawaban komputer (LJK).

2. Computer Based Test (CBT): adalah ujian yang diselenggarakan menggunakan komputer dengan jumlah butir soal dan panjang waktu tes yang sama dengan PBT. Perbedaannya terletak pada teknik penyajian yang tidak lagi menggunakan kertas (paperless), baik untuk naskah soal maupun lembar jawaban.



Close Ads X