7 Langkah Mencegah Anak Kecanduan Game Jelang Masuk Sekolah - Kompas.com

7 Langkah Mencegah Anak Kecanduan Game Jelang Masuk Sekolah

Kompas.com - 11/07/2018, 22:07 WIB
IlustrasiSHUTTERSTOCK Ilustrasi

KOMPAS.com - Banyak orangtua melonggarkan aturan bermain game pada saat liburan sekolah anak.

Waktu bermain game anak saat liburan, entah bermain game  konsol, game komputer, ataupun game online di handphone, cenderung untuk tidak lagi dibatasi. Namun hati-hati, hal ini justru dapat membuat anak terlanjur jadi kecanduan.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) kini menggolongkan kecanduan main game sebagai gangguan mental.

Pakar psikologi dan juga Direktur Lembaga Psikologi Daya Insani Jakarta, Sani B Hermawan, memberikan beberapa tips agar anak tidak kecanduan game online:

1. Pendampingan

Orang tua perlu melakukan pendampingan. Melarang membuka internet bukanlah solusi tepat. Dampingi saat anak saat bermain online dan jelasnya mana konten negatif dan positif.

2. Letakkan komputer di ruang umum

Meletakkan komputer baik PC maupun laptop di ruang tamu misalnya dapat memberikan kesan terbuka. Cara ini akan mampu mengontrol sekaligus melihat aktivitas anak selama bermain online.

3. Tentukan dan batasi waktu

Lakukan batas waktu bermain online. Sediakan waktu khusus untuk bermain online. Pembatasan waktu online juga untuk belajar mendisiplinkan anak.

Baca juga: Hati-hati Anak Kecanduan Game Saat Liburan dan Jadi Gangguan Mental

4. Perhatikan tingkah laku

Oramgtua perlu perhatikan bila ditemukan tingkah laku tak wajar. Jika tingkah laku anak sudah diluar batas kewajaran dan orang tua sudah merasa tidak mampu lagi maka persoalan ini harus dikonsultasikan kepada ahlinya.

Membiarkan anak terus bermain gadget hanya akan menambah tingkat kecanduan.

5. Pentingnya bersosialisasi

Orangtua perlu terus mengingatkan kepada anak pentingnya sosialisasi di kehidupn nyata. Ajak anak berbicara. Katakan, bahwa main game memang sangat mengasyikkan namun berinteraksi langsung dengan orang lain tidak kalah menyenangkan.

6. Ajarkan memakai gawai dengan tepat

Melarang bukanlah cara yang bijak melainkan harus disertai dengan alasan dan penjelasan yang tepat dan dimengerti. Berikan penjelasan cara bijak menggunakan gawai selain untuk hiburan juga untuk mencari informasi dan ilmu pengetahuan.

7. Pemeriksaan mata

Lakukan pemeriksaan mata secara rutin. Anak yang sering terpapar layar gawai tentu sangat tidak baik karena akan mengganggu kesehatan mata. Untuk itu orangtua perlu memeriksakan matanya agar diketahui sudah sejauh mana tingkat minus atau plusnya.


Komentar
Close Ads X