Kompas.com - 11/07/2018, 22:07 WIB

KOMPAS.com - Banyak orangtua melonggarkan aturan bermain game pada saat liburan sekolah anak.

Waktu bermain game anak saat liburan, entah bermain game  konsol, game komputer, ataupun game online di handphone, cenderung untuk tidak lagi dibatasi. Namun hati-hati, hal ini justru dapat membuat anak terlanjur jadi kecanduan.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) kini menggolongkan kecanduan main game sebagai gangguan mental.

Pakar psikologi dan juga Direktur Lembaga Psikologi Daya Insani Jakarta, Sani B Hermawan, memberikan beberapa tips agar anak tidak kecanduan game online:

1. Pendampingan

Orang tua perlu melakukan pendampingan. Melarang membuka internet bukanlah solusi tepat. Dampingi saat anak saat bermain online dan jelasnya mana konten negatif dan positif.

2. Letakkan komputer di ruang umum

Meletakkan komputer baik PC maupun laptop di ruang tamu misalnya dapat memberikan kesan terbuka. Cara ini akan mampu mengontrol sekaligus melihat aktivitas anak selama bermain online.

3. Tentukan dan batasi waktu

Lakukan batas waktu bermain online. Sediakan waktu khusus untuk bermain online. Pembatasan waktu online juga untuk belajar mendisiplinkan anak.

Baca juga: Hati-hati Anak Kecanduan Game Saat Liburan dan Jadi Gangguan Mental

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.