Kompas.com - 12/07/2018, 12:19 WIB

KOMPAS.com - Memasuki tahun ajaran baru 20018/2019, sekolah diwajibkan melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) sebagai pengganti Masa Orientasi Sekolah (MOS).

Tujuan utama MPLS adalah membangun suasana ramah, aman, nyaman dan menyenangkan bagi calon siswa baru. Hal ini untuk mencegah berbagai tindakan kekerasan, perploncoan atau perundungan di lingkungan sekolah.

Ketentuan MPLS untuk tahun ajaran saat ini masih mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 18 Tahun 2016. 

Dalam Permendikbud ini, orangtua dilibatkan dalam proses informasi kegiatan MPLS. Apa saja ketentuan yang diatur terkait peran orangtua dalam MPLS?

1. Orangtua berhak mendapat informasi

Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan provinsi DKI Jakarta menyebutkan bahwa orangtua perlu mendapat informasi mengenai kegiatan MPLS yang akan diadakan di sekolah.

Penyampaian informasi MPLS kepada orangtua dapat dilakukan dalam kegiatan Pra-MPLS yang akan diadakan pada Sabtu, 14 Juli 2018.

2. Informasi mengenai kegiatan MPLS

Informasi yang disampaikan dalam pra MPLS tersebut terkait dengan profil, kegiatan, sarana dan prasarana sekolah. Kegiatan pra MPLS ini sekaligus menjadi sarana bagi orangtua untuk menyerahkan anak selaku peserta didik kepada pihak sekolah.  

Baca juga: MPLS, Jangan Ada Buli di Antara Kita

 

Perencanaan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah disampaikan oleh sekolah kepada orang tua/wali pada saat lapor diri sebagai siswa baru.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.