6 Tips Asyik Agar Hari Pertama Sekolah Jadi Luar Biasa

Kompas.com - 12/07/2018, 14:33 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Masuk sekolah untuk pertama kali ke Taman Kanak-Kanak (TK) bisa jadi adalah momen penting antara orangtua dan anak.

Hal ini menjadi 'langkah awal' keluar dari rumah dan bertemu dengan lingkungan dan teman baru. Bisa jadi hari pertama masuk sekolah menjadi momen yang menggembirakan, menyenangkan atau mencemaskan.

Dalam tahap perkembangan usia 3, 4, dan 5 tahun, perubahan dapat membawa banyak dampak pada perasaan dan pikiran termasuk memasuki tahun ajaran baru.

Beberapa anak dapat menerima dan menikmati perubahan lebih cepat. Namun buat beberapa anak butuh tenaga dan perhatian ekstra selama hari-hari dan minggu pertama sekolah.

8 langkah sederhana dapat orangtua lakukan agar tahun ajaran baru ini menjadi tahun yang luar biasa:

1. Kunjungan sebelum sekolah

Kunjungi sekolah atau ruang kelas sebelum hari pertama masuk sekolah. Beberapa sekolah ada yang membuka diri untuk keluarga berkunjung sebelum tahun ajaran dimulai.

Jika tidak, lakukan perjalanan ke sekolah untuk sekadar melihat gedung dan taman bermain. Berikan gambaran menyenangkan dan serunya saat anak masuk sekolah nanti.

2. Baca buku serunya sekolah 

Buku menjadi cara terbaik untuk memberi gambaran menyenangkan tentang sekolah. Saat ini orangtua dengan mudah menemukan buku mengenai hal ini di toko buku. Bacakan kepada anak dan minta bagaimana pendapat dan perasaanya.

Baca juga: Ikuti 5 Tips Ini agar Anak Tidak Rewel di Hari Pertama Sekolah

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X