5 Pertanyaan untuk Sekolah di Hari Pertama Sekolah - Kompas.com

5 Pertanyaan untuk Sekolah di Hari Pertama Sekolah

Kompas.com - 15/07/2018, 23:03 WIB
Anak-anak berbaris mengikuti upacara bendera pada hari pertama masuk sekolah di TK Nurmala Hikmah, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Senin (27/7/2015). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti berisi antara lain tentang keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak. Salah satu hal yang ditekankan adalah kewajiban orangtua mengantar anak ke sekolah pada hari pertama tahun ajaran baru.KOMPAS / AGUS SUSANTO Anak-anak berbaris mengikuti upacara bendera pada hari pertama masuk sekolah di TK Nurmala Hikmah, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Senin (27/7/2015). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti berisi antara lain tentang keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak. Salah satu hal yang ditekankan adalah kewajiban orangtua mengantar anak ke sekolah pada hari pertama tahun ajaran baru.

KOMPAS.com - Libur panjang sudah usai. Esok anak sudah akan masuk kelas baru atau mungkin sekolah baru. Bagi beberapa anak, menjadi siswa baru atau baru pertama kali sekolah adalah saat menegangkan.

Oleh karena itu, menjadi tanggungjawab orangtua untuk membantu anak dalam mempersiapkan hari pertama masuk sekolah diantaranya dengan mengantar anak ke sekolah.

Namun apakah orangtua sudah mengetahui apa saja yang perlu ditanyakan kepada pihak sekolah di tahun ajaran baru?

Jika belum, berikut beberapa panduan pertanyaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kepada pihak kepala sekolah atau guru saat hari pertama masuk sekolah di tahun ajaran baru:

1. Adakah informasi mengenai program sekolah?

Baca juga: 5 Tips Menyiapkan Hari Pertama Anak Sekolah

2. Bagaimana sekolah menangani masalah kesiswaan, baik akademik maupun non akademik?

3. Apa saja kegiatan ekstrakulikuler yang dapat diikuti anak?

4. Adakah nomor telepon wali kelas atau sekolah yang dapat dihubungi?

5. Adakah jadwal rutin pertemuan antara orangtua dan wali kelas? Jika mungkin, apakah orangtua dapat mengatur sendiri jadwal pertemuan dengan wali kelas?


Komentar
Close Ads X