Sinergi Mewujudkan Mimpi Pendidikan Melek Teknologi

Kompas.com - 17/07/2018, 16:00 WIB
Kolaborasi Quipper dan Samsung Dok. Kompas.comKolaborasi Quipper dan Samsung

KOMPAS.com - Menurut hasil riset Badan Pusat Statisik (BPS) terbaru, Indonesia akan memiliki bonus demografi pada tahun 2020 - 2035. Bonus demografi dapat meningkatkan laju perekonomian negara karena adanya ledakan penduduk di usia produktif (15 - 64 tahun).

BPS memprediksi jumlah penduduk Indonesia akan mencapai 271 juta jiwa dan 64 persennya berada di usia produktif. Namun di lain sisi bisa juga merugikan, pemerintah akan mengalami kesulitan dalam menyediakan sarana kebutuhan bagi masyarakat yang salah satunya ialah akses pendidikan.

Oleh sebab itu, usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan harus menjadi prioritas pemerintah dan pihak lainnya.

1. Kebutuhan penerapan teknologi dalam belajar

Kemudian berdasarkan hasil riset APJII (Apresiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) di tahun 2017 juga menyebutkan bahwa 16,68 persen dari 143 pengguna internet di Indonesia berada di usia 13 sampai 18 tahun.

Melihat data tersebut, penerapan teknologi bagi kebutuhan kegiatan belajar-mengajar menjadi sangat penting guna meningkatkan kualitas mutu pendidikan di 10-15 tahun ke depan.

“Anak-anak di usia 13-18 tahun merupakan generasi digital native, yang telah akrab dengan penggunaan teknologi dalam kesehariannya," ujar Roy Nugroho, IT and Electronic Group Head Samsung Indonesia.

Baca juga: Kerennya Pendidikan Zaman Sekarang!

Karena itu, sejak tahun 2016 Samsung telah memberikan kontribusi dalam dunia pendidikan Indonesia, mulai dari pelatihan literasi digital untuk 10 ribu guru di tahun 2016, membangun kelas berbasis TIK ( Teknologi, Informasi dan Komputer) bersama sekolah-sekolah Nahdatul Ulama (NU) tahun 2017, dan membangun percontohan Samsung Smart Learning Class di beberapa sekolah tahun 2018.

"Kami ingin menjangkau target yang lebih utama dan luas yaitu siswa melalui kerjasama menghadirkan Quipper dalam setiap Samsung Galaxy Tab A with S-Pen," tambah Roy kepada Kompas.com

2. Konten menarik dalam belajar

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X