Blunder Paradigma Menghadapi Era Industri 4.0

Kompas.com - 20/07/2018, 17:00 WIB
Rektor Binus University, Prof Harjanto Prabowo, saat memberikan sambutan pada Binus Industry Partnership Program (BIPP) di Hotel Fullerton East, Taiwan, Rabu (4/7/2018). Dok BINUS UNIVERSITYRektor Binus University, Prof Harjanto Prabowo, saat memberikan sambutan pada Binus Industry Partnership Program (BIPP) di Hotel Fullerton East, Taiwan, Rabu (4/7/2018).

KOMPAS.com - Perguruan tinggi Indonesia sedang berbenah diri dalam menghadapi tantangan revolusi indistri 4.0.

Namun, banyak terjadi blunder dalam menerapkan sistem pembelajaran berbasis teknologi untuk menghadapi tantangan tersebut.

Banyak perguruan tinggi berpandangan memindahkan materi kuliah menjadi online atau menggunakan komputer berspesifikasi tinggi berarti sudah ambil bagian dalam menerapkan pembelajaran berbasis teknologi.

"Kalau sekadar itu, Bina Nusantara (Binus) University  sudah menerapkan sejak tahun 2010. Permasalahan utama adalah bagaimana perguruan tinggi menyiapkan sumber daya manusia yang akan menggunakan atau menciptakan teknologi tersebut," jelas Rektor Binus University, Prof Harjanto Prabowo dalam kesempatan temu media di Jakarta (19/7/2018)

1. Tantangan era teknologi

Ada beberapa tantangan muncul, bahkan saat ini, dalam menghadapi era revolusi industri 4.0.

"Kecerdasan Buatan (AI), data dan informasi (big data), komputasi awan (cloud technology), internet, uang digital (bitcoin), sosial media hingga keamanan data adalah tantangan yang harus bisa dihadapi para lulusan perguruan tinggi saat ini," jelas Harjanto.

Baca juga: 250 Mahasiswa Binus Magang di Ratusan Perusahaan

Penggunaan teknologi telah menggeser atau bahkan telah menghilangkan banyak lapangan pekerjaan saat ini, tambahnya.

Penjaga toko dan tol, buruh pabrik, rumah produksi sudah tergantikan dengan teknologi. Pelayanan di bank telah banyak menggunakan mesin dan digital. Anak-anak sekarang tidak lagi membutuhkan rumah produksi untuk menjadi seorang youtubers, contohnya.

2. Tantangan pendidikan manusia

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X