KILAS

Mendikbud Imbau Guru Berikan PR yang Sesuai Kebutuhan Siswa

Kompas.com - 25/07/2018, 12:56 WIB
Mendikbud pantau hari pertama sekolah di Papua (16/7/2018). Dok. KemdikbudMendikbud pantau hari pertama sekolah di Papua (16/7/2018).

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meminta para guru mengkaji kembali pekerjaan rumah ( PR) agar tidak menjadi beban untuk murid.

Fungsi pemberian PR perlu dikaji ulang agar efektif dalam proses pendidikan siswa.

Untuk itu, Mendikbud mengimbau agar guru bisa mengembangkan cara belajar yang tuntas dan memberikan PR sesuai kebutuhan, tanpa harus selalu berkaitan dengan mata pelajaran.

“Misalnya PR itu seperti yang dianjurkan oleh Pak Presiden (Joko Widodo). PR-nya kalau di rumah itu ya membantu orang tua, atau menjenguk teman yang sakit,” ujar Mendikbud di Jakarta, Jumat (20/7/2018).

Baca juga: Jokowi: Perpres Pendidikan Karakter Bentengi Anak dari Budaya Luar

Mendikbud menyarankan agar materi belajar dituntaskan di sekolah dan bentuk PR harus disesuaikan dengan keperluan anak.

Fungsi PR yang penting dan perlu diingat kembali yaitu untuk pengayaan, penguatan, dan pengulangan.

“Untuk hal-hal yang sifatnya praktis, itu memang dibutuhkan untuk membuat PR. Tidak cukup dituntaskan di sekolah,” ujarnya.

Mendikbud mengatakan tidak akan memberlakukan kebijakan pelarangan PR. Hal tersebut diserahkan sepenuhnya berdasarkan pertimbangan guru atau sekolah.

“Jadi sifatnya fleksibel saja. Jika siswa tak perlu diberi PR, jangan dicari-cari alasan supaya ada PR. Guru harus bisa membuat caranya sendiri agar pembelajaran bisa dituntaskan di sekolah,” katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X