Menristek Tegaskan Ospek Tanggung Jawab Rektor Bukan Mahasiswa

Kompas.com - 27/07/2018, 16:41 WIB
Mahasiswa baru buat koreografi bentuk logo ASEAN KOMPAS.com| Wijaya kusumaMahasiswa baru buat koreografi bentuk logo ASEAN

KOMPAS.com - "Dalam Ospek tidak boleh melakukan kekerasan. Tidak boleh melakukan bully. Jangan sampai terjadi. Penghinaan, tidak boleh lagi terjadi," kata Menteri Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti) Mohammad Nasir.

Menristek mengingatkan hal ini jelang pelaksanaan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus  (Ospek) atau saat ini dikenal dengan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

Hal ini disampaikan Menristek setelah acara pelantikan pejabat LL (lembaga Layanan) Dikti di gedung Kemenristek, Jakarta (26/7/2018).

1. Ospek tanggung jawab rektor

"Sekarang Ospek tanggung jawab rektor, bukan lagi mahasiswa. Mahasiswa dilibatkan tetapi tanggung jawab tetap rektor," tegas Nasir. 

Hal senada telah disampaikan sebelumnya oleh Intan Ahmad, Plt. Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) melalui surat edaran yang ditujukan untuk seluruh perguruan tinggi dan LL Dikti. 

Baca juga: LL Dikti Gantikan Kopertis dengan Kewenangan Lebih Luas

Intan menyampaikan, "Pelaksanaan PKKMB merupakan tanggung jawab pimpinan perguruan tinggi, sedangkan unsur lainnya seperti dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa ikut membantu pelaksanaan kegiatan ini."

Oleh karenanya, Intan menambahkan, implementasi PKKMB perlu diperkuat dengan peraturan internal perguruan tinggi agar terhindar dari pelanggaran tata tertib, norma, etika dan hukum.

2. Tujuan PKKMB

Dirjen Belmawa menjelaskan, PKKMB bertujuan untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X