Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melatih Wirausaha Siswa SMA/K melalui Aplikasi Simulasi Perusahaan

Kompas.com - 29/07/2018, 12:56 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Siswa-siswi SMA/K di Jakarta bersaing menunjukkan kemampuan wirausaha pada Regional Student Company Competition 2018 yang diselenggarakan oleh Prestasi Junior Indonesia (PJI) bersama Citi Indonesia (Citibank) dan PT AIG Insurance Indonesia (AIG Indonesia) di Atrium Green Pramuka Square, Sabtu (28/7).

Dalam kompetisi kewirausahaan ini, para siswa mempresentasikan pencapaian bisnis dari usaha mikro yang dijalankan di sekolah serta memamerkan produk inovasi andalan usaha mereka.

Ada lain 8 sekolah ikut berpartisipasi dalam kompetisi ini yaitu: SMKN 4 Jakarta, SMKN 6 Jakarta, SMKN 27 Jakarta, SMKN 63 Jakarta, SMK Bina Informatika, SMK Candra Naya, SMK Rex Mundi, dan Stella Maris School.

1. Program aplikasi wirausaha 

Sebelum tahap kompetisi ini, para siswa telah dibina menjadi wirausaha sungguhan melalui program pendidikan aplikasi kewirausahaan, Perusahaan Siswa (JA Student Company).

Selama enam bulan, mereka mendirikan dan mengoperasikan sebuah usaha mikro di sekolah, mulai dari menciptakan ide produk, merencanakan strategi bisnis, melakukan penjualan produk, hingga likuidasi perusahaan.

Para siwa juga telah mendapatkan bimbingan bisnis secara intensif dari mentor PJI dan profesional bisnis.

"Kita perlu melatih dan merangsang potensi kewirausahaan anak muda sejak mereka duduk di bangku sekolah. Siswa SMA dan SMK perlu didorong menciptakan bisnis dengan keterampilan yang dimiliki pasca lulus sekolah. Kami terus berkomitmen untuk mempersiapkan generasi muda Indonesia mewujudkan potensi bisnis mereka dan meraih masa depan lebih baik”, tutur Robert Gardiner, Management Advisor Prestasi Junior Indonesia.

2. Literasi dan inklusi keuangan

Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Suharno mengatakan, “Tantangan yang dihadapi generasi muda Indonesia akan semakin kompleks, terlebih pada era persaingan global. Semua unsur, mulai dari pemerintah, lembaga masyarakat, korporasi, dan publik, harus ambil bagian dalam pembekalan generasi muda kita." 

Baca juga: Ini Tiga Calon Start Up Indonesia versi Samsung

Hal senada disampaikan Director, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia, Elvera N. Makki.

“Generasi muda di seluruh Indonesia, termasuk Jakarta, berhak memperoleh kesempatan ekonomi yang sama," ucapnya.

Elvera menambahkan, pihaknya percaya bahwa kesempatan dan pengalaman berwirausaha yang diberikan bagi murid-murid SMA/SMK dalam program ini akan membantu kesuksesan mereka di masa depan, tak hanya dari sisi pengetahuan bisnis tetapi juga dalam hal literasi dan inklusi keuangan.

3. Simulasi perusahaan

President Director PT AIG Insurance Indonesia, Robert Logie, menambahkan, “Student  Company merupakan sebuah program yang sangat menginspirasi, ide-ide segar dari para siswa turut menularkan semangat kreatifitas bagi para karyawan kami, saat mereka terjun langsung memberikan pelatihan."

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com