Kompas.com - 29/07/2018, 16:01 WIB
Jambore Kreativitas Generasi Z  (28-29/7/2018) Dok. Wahana Visi IndonesiaJambore Kreativitas Generasi Z (28-29/7/2018)

KOMPAS.com - "Seringkali kami mendengar dari orang dewasa kalau anak-anak zaman sekarang, generasi kami, sukanya hanya bermain. Melalui kegiatan ini, kami ingin memperlihatkan kreativitas yang kami miliki sebagai Generasi Z sebagai kontribusi kami menghentikan kekerasan pada anak,” ujar Mukti selaku perwakilan Forum Anak DKI Jakarta.

Demikian hal yang terungkap dalam Jambore Kreativitas Generasi Z yang digelar untuk memperingati Hari Anak Nasional (HAN) di SMKN 26 Jakarta Timur (28-29 Juli 2018).

Acara yang digagas Forum Anak DKI Jakarta didukungan Wahana Visi Indonesia (WVI) dan Pemerintah DKI Jakarta sekaligus bertujuan membangun kesadaran publik menghapuskan kekerasan terhadap anak. 

1. Kekerasan makin bertambah

Ketua Panitia, Thasya Tjusila menjelaskan, “Kami melihat bahwa kekerasan yang dialami oleh anak semakin bertambah setiap tahunnya. Kekerasan yang terjadi tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa namun juga dari anak-anak sendiri."

Berdasarkan Penelitian Komisi Perlindungan Anak Indonesia, sepanjang tahun 2011–2016, terdapat 22.109 kasus perlindungan anak. Hampir 50% dari kasus adalah kekerasan fisik dan seksual, dan angka itu terus menanjak tiap tahun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada tahun 2011-2014 ditemukan 1.022 kasus kekerasan terhadap anak dipicu oleh media sosial dan internet.

Studi kekerasan terhadap anak tahun 2013 yang dilakukan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menemukan bahwa ada hubungan antara kekerasan dialami seseorang pada masa kecil dengan tindak pidana pembunuhan, pemerkosaan dan penyalahgunaan obat bius.

2. Kelas informasi

Untuk itu dalam dalam "Jambore Kreativitas Generasi Z" disajikan 10 kelas informasi yang kita petakan sesuai kebutuhan penghentian kekerasan pada anak.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.