20 Ribu Sertifikasi TOEIC Gratis Bagi Siswa SMK, Minat? Daftar di Sini

Kompas.com - 01/08/2018, 18:51 WIB
Ilustrasi. Program SMK English Challenge 2017 di SMKN 2 Wonosari Jawa Tengah Dok. ICTIlustrasi. Program SMK English Challenge 2017 di SMKN 2 Wonosari Jawa Tengah

KOMPAS.com - Sejak tahun 2016, siswa SMK terpilih telah memperoleh manfaat bantuan ujian internasional TOEIC dan memperoleh Score Report TOEIC yang dapat digunakan sebagai nilai tambah melamar pekerjaan.

Melalui program "SMK English Challenge 2018", peningkatanan daya saing lulusan SMK di dunia kerja global melalui penguasaan bahasa Inggris berserfitikat  kembali diadakan. Program ini merupakan kerjasama antara Direktorat Pembinaan SMK Kemendikbud dan International Test Center (ITC), official representative Indonesia untuk TOEIC dan TOEFL.  

1. Jumlah partisipasi SMK meningkat

"Kemampuan bahasa Inggris pada TOEIC dibagi ke dalam 6 Level dengan Level 1 – Novice merupakan Level terendah dan Level 6 – General Professional Proficiency sebagai Level tertinggi," jelas Rullyana Business Communication ITC kepada Kompas.com.

Baca juga: Menggedor Daya Saing SMK Jurusan Otomotif

Rekomendasi bagi lulusan SMK adalah mampu mencapai kemampuan berbahasa Inggris minimal Level 3 – Intermediate  atau nilai TOEIC minimal 405, tambah Rullyana.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berdasarkan data pelaksanaan TOEIC tahun 2016 dan 2017, terjadi peningkatan pemerataan dan jangkauan program dari 305 SMK di 19 provinsi pada tahun 2016 menjadi 698 SMK di 29 provinsi pada tahun 2017.

2. Nilai rata-rata TOEIC meningkat

Selain itu peningkatan juga terjadi pada nilai rata-rata yang diperoleh peserta ujian TOEIC di dua tahun tersebut. Tahun 2016 rerata nilai TOIEC SMK Indonesia 343 poin sedangkan tahun 2017 naik menjadi 513.

Salah satu faktor keberhasilan nilai TOEIC di tahun 2017 adalah dilaksanakannya proses persiapan dan seleksi menggunakan VIERA (Vocational Institutional English Readiness Assessment) sebelum pelaksanaan TOEIC.

"Dengan mengikuti program persiapan dan seleksi ini, para siswa menjadi lebih siap dan percaya diri mengikuti tes Bahasa Inggris TOEIC," jelas Rullyana.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.