Alasan Belanda Masih Menjadi Magnet Kuat Pendidikan di Eropa

Kompas.com - 11/08/2018, 13:54 WIB
Ilustarsi Pendidikan di Belanda Dok. Nuffic NesoIlustarsi Pendidikan di Belanda

KOMPAS.com -  Nuffic Neso Indonesia mengumpulkan dan memberikan pembekalan kepada para pelajar Indonesia yang akan melanjutkan pendidikan ke Belanda (11/8/2018) di Gedung Perpustakaan Nasional RI, Jakarta. 

Dari sekitar 300 pelajar yang hadir, sebagian besar (77.4%) akan melanjutkan program master (setara S2), sisanya 14.14% akan melanjutkan ke program Bachelor (setara S1), 1% akan melanjutkan PhD (setara S3), dan sekitar 7% akan mengambil kursus singkat di Belanda.

Dalam sambutannya, wakil Duta Besar Belanda, Ferdinand Lahnstein, mengatakan bahwa sudah ada lebih dari 20.000 pelajar Indonesia melakukan studi di Belanda terhitung sejak tahun 1950. 

1. Ragam penawaran beasiswa

Jika dilihat dari sumber pendanaan mereka, jumlah pelajar yang menggunakan dana sendiri (42.4%) hampir sama hanya banyak dengan pelajar yang memanfaatkan dana beasiswa (57.6%) untuk studi di Belanda. 

Baca juga: Belanda Masih Menarik Dilirik

"Ada berbagai jenis beasiswa untuk studi di Belanda diantaranya beasiswa StuNed, OTS, OKP, LPDP, SPIRIT, FETA, universitas-univesitas di Belanda, dan juga perusahaan-perusahaan tempat para pelajar bekerja," jelas Koordinator Promosi Pendidikan, Inty Dienasari.

Informasi mengenai biaya studi di Belanda dan beasiswa dapat diakses melalui www.nesoindonesia.or.id/beasiswa.

Dalam acara ini, lebih dari 90 orang alumni Belanda ikut hadir membagikan informasi mengenai kehidupan di Belanda.

2. Peran alumni

Alumni saling berbagi pengalaman kepada para pelajar yang akan melanjutkan studi ke Belanda (11/8/2018).Dok. Kompas.com Alumni saling berbagi pengalaman kepada para pelajar yang akan melanjutkan studi ke Belanda (11/8/2018).

"Alumni diibaratkan sebagai minyak pelumas dalaml menggerakan roda kerjasama Indonesia Belanda," kata Ferdinand. Oleh karena itu Ferdinand mengingatkan para pelajar yang akan studi di Belanda untuk bergabung dengan jaringan alumni Belanda Indonesia

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X