Kompas.com - 16/08/2018, 20:51 WIB
Anak-anak di pengungsian Transito mengikuti lomba balap karung, Selasa (16/8/2016). Kontributor Mataram, Karnia SeptiaAnak-anak di pengungsian Transito mengikuti lomba balap karung, Selasa (16/8/2016).

KOMPAS.com - Perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia identik dengan berbagai perlombaan untuk anak-anak, baik di lingkungan sekolah maupun rumah. Beragam lomba HUT RI diadakan, di antaranya: perlombaan makan kerupuk, lomba gundu, lari cepat, sepeda santai, dan masih banyak lagi.

Rupanya, mengikutsertakan anak-anak dalam perlombaan tersebut dapat memberikan banyak manfaat. 

Berikut 5 manfaat anak mengikuti lomba 17 Agustus menurut forum Sahabat Keluarga dari Kemendikbud:

1. Menghayati makna kemerdekaan

Mengikuti perlombaan dapat menjadi media anak menghayati makna kemerdekaan. Di sela-sela anak berlomba merupakan waktu yang tepat untuk menjelaskan pada anak bahwa untuk dapat merayakan kemerdekaan, banyak pahlawan harus berjuang merebut kemerdekaan hingga saat ini kita dapat menikmati buah dari perjuangan tersebut.

2. Melatih rasa percaya diri

Berlomba disaksikan banyak orang dapat menumbuhkan rasa percaya diri anak. Jika anak mengalami kegagalan, orangtua diharapkan tetap memotivasi semangat anak. Jelaskan pada anak bahwa setiap perlombaan ada kalah dan menang sehingga anak tidak pernah takut berlomba lagi dan tetap berusaha melakukan terbaik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

3. Memahami arti sportivitas

Mengikuti perlombaan menuntun anak untuk mengikuti aturan. Ajar anak untuk mengikuti aturan tersebut. Begitu juga dengan instruksi yang harus dilakukan saat lomba berlangsung.

Baca juga: Hari Anak Nasional dan PR Besar Pendidikan Anak Indonesia

 

Dalam kesempatan ini anak akan belajar fokus, mendengarkan, menghargai serta memahami aturan yang berlaku. Saatnya juga mengajarkan anak tentang jiwa sportivitas, yakni mengikuti aturan main dan jika menang maka tidak boleh sombong. Begitu juga sebaliknya jika kalah maka tak boleh berkecil hati.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.