Jadikan PR Perekat Keluarga, Kok Bisa?

Kompas.com - 19/08/2018, 11:12 WIB
Ilustrasi thinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Wacana guru dilarang memberikan pekerjaan rumah ( PR) kepada siswa memang mengundang pro dan kontra. Pasalnya selama ini PR menjadi cara dalam memperdalam pemahaman, melatih tanggung jawab serta kemandirian siswa di tengah waktu tatap muka yang terbatas.

Bahkan PR menjadi salah satu jurus untuk mengurangi waktu siswa melakukan hal-hal yang kurang bermanfaat seperti bermain gadget.

Terbitnya peraturan ini bukan tanpa alasan, lewat peraturan ini diharapkan siswa memiliki waktu lebih banyak dengan keluarga serta membangun pendidikan karakter dalam keluarga dan masyarakat.

"Sejatinya kebersamaan keluarga serta pendidikan karakter bisa terbentuk melalui PR yang diberikan guru. Hanya diperlukan kreativitas guru dalam ’membungkus’ PR dalam ’kemasan’ yang berbeda dan tidak monoton," ujar Sri Rahayu, Guru MI Al-Falah, Ujung Menteng, Jakarta seperti dikutip dari laman Sahabat Keluarga Kemendikbud.

Berikut beberapa tips agar PR mampu mempererat hubungan anak dan orangtua

1. Penugasan siswa dan orangtua

Secara jelas guru dapat memberikan PR untuk dikerjakan siswa bersama orangtua. Misalnya, "Kerjakan soal di bawah ini dengan orang tuamu!" Dengan kalimat perintah jelas, anak-anak akan mengajak orangtua menyelesaikan PR bersama. Orangtua dan anak akan mencari solusi bersama dalam pemecahan masalah.

2. Melibatkan lingkungan

PR sebaiknya diberikan mengaitkan tema lingkungan sekitar. Buatlah soal yang penyelesaiannya membutuhkan keterangan orangtua maupun tetangga sehingga anak-anak bisa berbaur dengan masyarakat sekitar.

Misalnya, "Bagaimana keadaan lingkungan rumahmu 10 tahun lalu?" atau "Tanyakan penjual bakso di sekitar rumahmu, berapakah harga satu posri bakso miliknya? Berapa banyak rata-rata porsi yang terjual selama satu hari. Berapa modal yang harus ia keluarkan. Hitunglah keuntungan/kerugiannya?"

Baca juga: Beda dengan Depok dan Blitar, Guru di Jakarta Diizinkan Beri PR untuk Siswa

 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X