Binus Ajak 8 Ribu Mahasiswa Baru Menjadi Manusia Pembelajar

Kompas.com - 23/08/2018, 22:06 WIB
Welcoming Binusian 2022 serentak diadakan Binus University di wilayah Jakarta, Alam Sutera, Bekasi, Bandung dan Malang (23/8/2018). Dok. Binus UniversityWelcoming Binusian 2022 serentak diadakan Binus University di wilayah Jakarta, Alam Sutera, Bekasi, Bandung dan Malang (23/8/2018).

KOMPAS.com- Bina Nusantara (Binus) University menyelenggarakan "Welcoming Binusian 2022" serentak di wilayah Jakarta, Alam Sutera, Bekasi, Bandung dan Malang (23/8/2018). "Welcoming Binusian 2022" merupakan Pekan Orientasi Mahasiswa Baru ala Binus yang diberi nama First Year Program (FYP).

Tahun ini FYP mengangkat tema “Be Lifelong Learners Through Fostering And Empowering".

1. Serentak di seluruh kampus

FYP merupakan istilah program menyambut mahasiswa baru yang akan menempuh perkuliahan selama 4 tahun. Program ini merupakan kegiatan wajib diikuti mahasiswa baru (atau yang disebut Freshmen) sebelum memasuki awal perkuliahan di Binus.

Tahun ini, FYP diikuti lebih dari 8.000 Binusian yang tersebar di area kampus Binus mulai dari Kampus Anggrek, Kampus Syahdan, Kampus Kijang, Kampus Alam Sutera, Kampus Senayan hingga Kampus Bekasi.

Baca juga: Sambut Hakteknas, Habibie dan Menristek Ajak Berinovasi untuk Bangsa

Belakangan pemerintah gencar mengajak perguruan tinggi terus berbenah dalam melakukan evaluasi terhadap kegiatan-kegiatan program orientasi mahasiswa sehingga stigma orientasi tidak cenderung ke hal-hal yang negatif.

2. Melepas stigma negatif orientasi

Melalui FYP ini para mahasiswa baru diharapkan dapat memahami visi, misi, nilai Binus agar terbangun sikap dan perilaku positif dalam menuntaskan tugas-tugas belajar. 

FYP terdiri dari 2 kegiatan, yaitu Freshmen Enrichment Program (FEP) dan FYP Session. FEP terdiri dari General Orientation selama 1 minggu dan Academic Orientation selama 2 minggu.

Pada General Orientation, mahasiswa baru diperkenalkan sikap dan perilaku positif terhadap kehidupan perkulihan di Binus. Sedangkan selama Academic Orientation, mahasiswa baru akan dipersiapkan dengan berbagai kemampuan belajar yang dapat membantu menemukan strategi belajar sesuai jurusan yang dijalaninya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X