Kompas.com - 28/08/2018, 21:37 WIB
Ode Bulan Agustus #4 2017 Dok. BBJOde Bulan Agustus #4 2017

KOMPAS.com - Bentara Budaya Jakarta (BBJ) menggelar parade paduan suara mahasiswa, "Ode Bulan Agustus #4" dengan mengangkat tema “Menerabas Cakrawala”.

Ode Bulan Agustus merupakan semacam kegiatan “tujuhbelasan“ ala Bentara Budaya. Tajuk Ode dimaknai sebagai nyanyian pujian, penghormatan, dan rasa syukur kepada tanah air tercinta sebagai bentuk anugerah dari Yang Maha Kuasa.

Kegiatan ini akan diselenggarakan pada Kamis, 30 Agustus 2018 Pk. 18.00 WIB dan melibatkan 8 kelompok Paduan Suara Mahasiswa (PSM) dari berbagai universitas di Jakarta dan sekitarnya.

1. Sebuah perayaan kebersamaan

Lebih lanjut, Ketua Pengelola BBJ Ika W. Burhan dan Paulina Dinartisti Manajer Operasional Bentara Budaya menyampaikan Ode Bulan Agustus bukanlah kompetisi ataupun lomba melainkan parade atau gelar paduan suara.

Ode menjadi sebuah perayaan kebersamaan lewat nyanyian.  Lagu-lagu yang ditampilkan bisa patriotik dan kegembiraan yang di dalamnya terkandung pengharapan bagi Indonesia yang damai, rukun, indah, dan sentosa.

Baca juga: Mengenang Mas GM Sudarta di BBJ
 
Program ini dilangsungkan setiap tahunnya sejak 2015 serta diadakan serentak selama bulan
Agustus di 4 lokasi Bentara Budaya, yakni Jakarta, Yogyakarta, Solo dan Bali. Dalam "Ode Bulan Agustus #4" di Bentara Budaya Jakarta tahun ini, 8 PSM akan membawakan sepilihan repertoir yang menggambarkan kekayaan budaya daerah di berbagai penjuru nusantara serta langgam lagu Indonesia kontemporer yang bertemakan kecintaan Tanah Air dan kebhinnekaan.

2. Mini konser keindonesiaan

Kelompok PSM yang tampil antara lain; Bentara Muda Choir, PSM Universitas Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Paragita Universitas Indonesia, Gita Advayatva Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Jakarta, Ultima Sonora Universitas Multimedia Nusantara, Gita Tirtayasa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa- Banten, PSM Universitas Mercu Buana dan Trilogi Choir Universitas Trilogi.

Seluruh kelompok PSM ini pentas dengan konsep mini konser. Lagu-lagu yang mereka bawakan dijalin dalam tematik Keindonesiaan yang lebih utuh dan mencoba merangkum nyanyian Nusantara yang beragam itu.

Bentara Muda Choir misalnya, menampilkan lagu-lagu folklore serta pilihan lagu kontemporer seputar Jakarta dalam tema ‘Roman Betawi’. Di sisi lain, PSM UIN mengetengahkan tema ‘Nyanyian Selatan Nusantara’ dengan repertoir lagu tradisi dari pesisiran selatan negeri ini mulai dari Jawa, Bali, hingga Nusa Tenggara.

3. Wujud cinta tanah air

Ode Bulan Agustus #3 2017Dok. BBJ Ode Bulan Agustus #3 2017

Tidak ketinggalan juga lantunan Melodi Indonesia Timur yang dibawakan oleh PSM Universitas
Mercu Buana dengan pilihan lagu dari wilayah Sulawesi, Maluku hingga Papua serta lagu-lagu
tradisi bertemakan anak-anak Nusantara dari Paragita UI.

Nuansa keberagaman juga kian terasa dengan tema langgam lagu Indonesia modern dari
Trilogi Choir Universitas Trilogi, Gita Tirtayasa (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten),
Gita Advayatva (Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Jakarta), serta Ultima Sonora
(Universitas Multimedia Nusantara).

“Setiap PSM akan tampil dengan durasi maksimal 30 menit. Kami berharap Ode Bulan Agustus dapat hadir sebagai program yang bukan sekadar perayaan namun juga upaya lain perwujudan rasa cinta kita kepada Tanah Air Indonesia,” ujar Ika W. Burhan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.