NU dan Muhammadiyah Sepakat Majukan INOVASI Praktik Pembelajaran Baik

Kompas.com - 07/09/2018, 20:43 WIB
Ilustrasi. Praktek pembelajaran baik INOVASI Dok. INOVASIIlustrasi. Praktek pembelajaran baik INOVASI

KOMPAS.com - Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI), program kemitraan antara pemerintah Indonesia dan Australia dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia, menandatangani perjanjian kerjasama dengan 2 organisasi Islam terbesar di Indonesia, yaitu Lembaga Pendidikan Ma'arif Nahdlatul Ulama (LP Ma'arif NU) dan Muhammadiyah.

Ini merupakan suatu bentuk kemitraan baru yang dilakukan dalam rangka memperkuat mutu pendidikan di Indonesia, terutama dalam hal meningkatkan hasil belajar literasi dan numerasi siswa jenjang pendidikan dasar.

1.  Jaringan sekolah dasar dan madrasah organisasi

Melalui kemitraan ini, LP Ma'arif NU dan Muhammadiyah akan mendukung penyebaran praktik-praktik baik dari program rintisan INOVASI, yakni memanfaatkan jaringan sekolah yang ada di bawah masing-masing organisasi, baik itu di tingkat daerah maupun secara nasional.

INOVASI bersepakat dengan kedua lembaga tersebut untuk membantu meningkatkan kapasitas lembaga dalam hal program-program literasi, numerasi dan juga inklusi, sebagai dasar menyebarluaskan praktik-praktik baik yang terbukti berhasil meningkatkan hasil belajar siswa SD/MI kelas awal ke lembaga pendidikan mereka, terutama di Jawa timur dan NTB.

Baca juga: Inovasi Menjawab Tantangan Literasi Baca Anak Indonesia

Di tingkat sekolah dasar, Muhammadiyah memiliki banyak sekolah dasar di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sementara LP Ma'arif NU menaungi madrasah di bawah Kementerian Agama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ma’arif NU yang nantinya akan terlibat langsung dalam pelaksanaan program terbanyak ada di Kabupaten Pasuruan, Sumenep, dan Sidoarjo sedangkan Muhammadiyah saat ini sedang dilakukan identifikasi di Kabupaten Sidoarjo, Probolinggo dan Kota Batu.

Dukungan kedua organisasi ini tentu memberikan dampak positif dalam memperluas dan melanjutkan praktik-praktik baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

2. Praktik baik pembelajaran di sekolah Islam

Perjanjian kerjasama LP Maarif NU dan INOVASI - September 2018Dok. INOVASI Perjanjian kerjasama LP Maarif NU dan INOVASI - September 2018

Direktur Program INOVASI Mark Heyward, mengatakan, “INOVASI bertujuan menemukan berbagai praktik meningkatkan hasil pembelajaran siswa Indonesia. Kemitraan ini adalah kesempatan luar biasa untuk mendukung upaya peningkatan mutu pendidikan Islam, dan bekerja langsung dengan mitra dalam mengembangkan dan menguji coba pendekatan baru di madrasah dan sekolah Islam.”

Kepada Kompas.com, Mark menyampaikan pendekatan yang dilakukan akan serupa dengan yang INOVASI lakukan saat ini, yaitu solusi lokal untuk tantangan lokal. Sasaran program INOVASI bersama di Ma’arif NU dan Muhammadiyah adalah sekolah (SD Muhammadiyah, Sekolah Dasa Islam Terpadu) dan madrasah (MI dan MINU) berstatus swasta.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.