Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Acara Seru Ini Harus Kamu Ikuti di IIBF 2018

Kompas.com - 12/09/2018, 19:04 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Seratusan lebih acara akan digelar selama 5 hari berlangsungnya Indonesia International Book Fair (IIBF) 2018, 12-16 September 2018 di Jakarta Convention Center, Jakarta.

Termasuk diantaranya, panitia menyiapkan beragam seminar dan talkshow, menghadirkan banyak penulis buku, inspirator dan praktisi di bidang perbukuan. Penulis-penulis terkemuka yang sedang diminati oleh para penikmat buku Tanah Air akan jadi narasumber, antara lain Maudy Ayunda, Eka Kurniawan, Feni Rose, Maman Suherman dan Faza Meonk. 

Tak ketinggalan, penulis luar negeri yang sedang bersinar seperti Rilla Melati dari Singapura dan Alfredo Santos dari Filipina ikut berbagi inspirasi di panggung IIBF 2018 yang berada di Cenderawasih Room dan Plenary Hall, Jakarta Convention Center (JCC).

Semua program dan acara di IIBF 2018 diadakan gratis, sama halnya dengan akses masuk ke areal pameran yang juga gratis alias tanpa tiket berbayar.

Berikut beberapa acara seru di IIBF 2018 yang dapat diikuti:

Temu penulis dalam negeri

1. Maudy Ayunda akan bercerita banyak seputar perjalanannya meraih cita-cita dan mimpinya. Aktris dan penyanyi idola anak muda ini dijadwalkan bertemu dengan para penggemar sambil menceritakan bukunya, #DearTomorrow, yang berisi catatan dan inspirasi khas milenial, 15 September 2018.

2. Di hari yang sama, para pengunjung berkesempatan bertemu dan berinteraksi dengan Eka Kurniawan dalam talkshow "Ngobrolin Cinta Tak Ada Mati; Dari Buku ke Film”. Bincang-bincang ini menghadirkan tiga narasumber lain, yaitu sutradara Wregas Bhanuteja dan praktisi dari penerbit Gramedia Pustaka Utama (GPU) serta Forum Jurnal Ruang.

3. Sementara untuk para pencipta konten kreatif, IIBF 2018 dan Bekraf menghadirkan bincang-bincang konten kreatif bersama kreator “Si Juki” Faza Meonk, komikus Jasmine H Surkatty, Wakil Ketua Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Ricky Joseph Pesik dan novelis Shienny MS, Sabtu (15/9/2018).

Baca juga: IIBF 2018, Surga Pencinta Buku Telah Dibuka Hari Ini

 

4. Sehari sebelumnya, Jumat (14/9/2018), ada bedah buku terbaru “Bhinneka Tunggal Cinta” bersama sang penulis Maman Suherman.

5. Bagi para pemerhati literasi dan calon penulis buku, jangan lewatkan talkshow seputar ISBN bersama Perpustakaan Nasional pada hari Kamis (13/9/2018), dan bincang-bincang seputar budaya lokal dan naskah tulisan dengan tema “Indonesia Negeri Penuh Inspirasi” bersama penulis Ziggy Zezsyazeoniennazabrizkie dan Alnira, Jumat (14/9/2018).

6. Di hari Sabtu, masih ada diskusi buku “Kenapa Harus Nginggris?” bersama Ivan Lanin.

7. Pada hari terakhir perhelatan IIBF 2018, panitia menggelar beberapa peluncuran dan bedah buku menarik, seperti bedah buku “I am Sarahza” bersama Hanum Rais, dan peluncuran buku “The Secret of Nekat Presenter” karya Feni Rose.

8. Orangtua dan anak calon penulis juga bisa mengikuti KPCI Roadshow: Terbitkan Karya Anak Bersama KKPK (Kecil-Kecil Punya Karya).

Temu penulis luar negeri

Para narasumber yang hadir sepanjang lima hari pameran juga berasal dari penerbit, penulis dan praktisi perbukuan luar negeri. Mulai hari pertama, mereka akan berbagi seputar industri buku, konten dan kreativitas.

9. Aktris dan penulis Singapura, Rilla Melati, akan mengupas konten kreatif untuk anak dalam talkshow “Rediscovering Fun in Creating Creative Content for Singapore Malay Kids”, 12 September 2018.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com