Hari Terakhir Pemburu Buku di "Zona Kalap" IIBF 2018 - Kompas.com

Hari Terakhir Pemburu Buku di "Zona Kalap" IIBF 2018

Kompas.com - 16/09/2018, 10:28 WIB
Indonesia International Book Fair 2018 berlangsung 12-16 September 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.Dok. Kompas.com Indonesia International Book Fair 2018 berlangsung 12-16 September 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

KOMPAS.com - Indonesia International Book Fair (IIBF) 2018 telah resmi dibuka 12 September 2018 dan akan berakhir hari ini (16/9/2018) di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Dalam sambutan pembukaan acara, Kepala Badan Ekonomi Kreatif ( Bekraf) Triawan Munaf mengharapkan pameran ini dapat menjadi upaya memajukan budaya literasi di Indonesia. "Kita berharap IIBF 2018 dapat menjadi festival literasi dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya bangsa," kata Triawan.

Ajang bursa buku dan naskah

Di IIBF 2018, tidak hanya penerbit yang mendapat fasilitas istimewa untuk bertukar hak cipta buku. Para penulis dan calon penulis buku pun bisa memanfaatkan ajang pameran bertaraf internasional ini untuk unjuk diri dan menawarkan naskah mereka dalam program Bursa Naskah.

Ajang pencarian naskah oleh penerbit ini diadakan pada hari Sabtu lalu (15/9) dimana para editor dari 16 penerbit dalam negeri akan duduk menanti naskah-naskah buku dari masyarakat. Para pengunjung bisa datang ke sini dengan membawa naskah jadi yang siap cetak, atau berkonsultasi seputar naskah yang sedang dikerjakan ke penerbit. Grup penerbit seperti Gramedia dan Mizan ikut berpartisipasi dalam Bursa Naskah ini.

Baca juga: Warga Antusias Berburu Buku Murah di IIBF 2018

Sehari sebelumnya, ada satu kegiatan menarik yang digelar oleh Dinas Perpustakaan Pemprov DKI Jakarta, yaitu Final Pemilihan Abang None Buku Provinsi DKI Jakarta. Layaknya ajang pemilihan Abang None, para finalis yang terpilih di tingkat wilayah akan unjuk kebolehan di hadapan dewan juri untuk meraih gelar sebagai Abang None Buku Jakarta.

Lebih dari 100 stan dari 17 negara

Rosidayati Rozalina Ketua Ikapi menyampaikan IIBF tahun ini diikuti lebih dari 62 peserta Indonesia yang menghadirkan 110 stand. Tidak hanya itu, IIBF 2018 diikuti 34 peserta dari 17 negara.

Selain Indonesia, beberapa negara yang akan berpartisipasi dalam IIBF kali ini diantaranya, Arab Saudi, Australia, Inggris, China, Maroko, India, Jepang, Jerman, Korea Selatan, Malaysia, Mesir, Turki, Singapura, Uni Emirat Arab, Thailand dan Tunisia. 

Selain menjadi ajang penjualan buku secara langsung dari penerbit kepada pembaca, IIBF 2018 juga diharapkan menjadi market hub perbukuan internasional bagi para penerbit dan penulis yang ingin menyasar pasar global.

"Zona Kalap" untuk pemburu diskon buku

Indonesia International Book Fair 2018 berlangsung 12-16 September 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.Dok. Kompas.com Indonesia International Book Fair 2018 berlangsung 12-16 September 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Di tahun ke-37, Ikapi menarget 120 ribu pengunjung datang ke pameran buku terbesar ini. Untuk itu panitia membuka secara gratis ajang IIBF 2018 ini. "Acara ini bertujuan untuk mendekatkan buku ke masyarakat dan juga meningkatkan minat baca," jelas Rosidayati Rozalina Ketua Ikapi dalam pertemuan dengan media jelang ajang ini. "

Salah satu unggulan yang menjadi andalan penyelenggaraan IIBF 2018 adalah program "Zona Kalap". Dalam program ini, 500 penerbit akan memamerkan 7.000 lebih judul buku berbahasa Indonesia dan buku impor dengan potongan harga hingga 80%.

Buku-buku tersebut terdiri dari beragam genre seperti fiksi, novel, non fiksi, buku anak dan buku relijius. Program sengaja dirancang untuk memuaskan keinginan pengunjung untuk membeli buku sehingga diberikan diskon cukup besar dari 50-80%. 

 


Komentar
Close Ads X