Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Terakhir IIBF 2018, 85 Ribu Pengunjung dan Undian Paket Haji

Kompas.com - 16/09/2018, 16:16 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.comIndonesia International Book Fair (IIBF) 2018 telah resmi dibuka 12 September 2018 dan akan berakhir hari ini (16/9/2018) di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Dalam sambutan pembukaan acara, Kepala Badan Ekonomi Kreatif ( Bekraf) Triawan Munaf mengharapkan pameran ini dapat menjadi upaya memajukan budaya literasi di Indonesia. "Kita berharap IIBF 2018 dapat menjadi festival literasi dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya bangsa," kata Triawan.

Undian paket Ibadah Haji

Yudith Andhika, panitia IIBF 2018 kepada Kompas.com menyampaikan jumlah pengunjung hingga Sabtu kemarin (16/8/2018) telah mencapai lebih dari 85 ribu orang.

Di tahun ke-37, panitia membuka secara gratis ajang IIBF 2018 ini. "Acara ini bertujuan untuk mendekatkan buku ke masyarakat dan juga meningkatkan minat baca," jelas Rosidayati Rozalina Ketua Ikapi.

Baca juga: Hari Terakhir Pemburu Buku di Zona Kalap IIBF 2018

"Pada hari terakhir ini ada acara istimewa yakni ada kejutan pengundian hadiah utama berupa paket ibadah Haji yang difasilitasi Kedubes Arab Saudi," ujar Yudith.

Ia menambahkan, selain itu masih ada talkshow peluncuran buku "The Secret of Nekat Presenter" bersama Feni Rose dan dipandu jeremy Teti.

Diskon lebih dari 7 ribu judul buku

Salah satu unggulan yang menjadi andalan penyelenggaraan IIBF 2018 adalah program "Zona Kalap". Dalam program ini, 500 penerbit akan memamerkan 7.000 lebih judul buku berbahasa Indonesia dan buku impor dengan potongan harga hingga 80%.

Buku-buku tersebut terdiri dari beragam genre seperti fiksi, novel, non fiksi, buku anak dan buku relijius. Program sengaja dirancang untuk memuaskan keinginan pengunjung untuk membeli buku sehingga diberikan diskon cukup besar dari 50-80%. 

Tidak hanya pameran dan penjualan buku, panitia secara khusus juga menyediakan kegiatan Bursa Naskah dan Indonesia Right Fair yang menjadi ajang pertemuan antara penulis dan penerbit dari dalam dan luar negeri untuk melakukan transaksi.

Diharapkan menjadi 'market hub' penulis dan penerbit

Rosidayati Rozalina Ketua Ikapi menyampaikan IIBF tahun ini diikuti lebih dari 62 peserta Indonesia yang menghadirkan 110 stand. Tidak hanya itu, IIBF 2018 diikuti 34 peserta dari 17 negara.

Selain Indonesia, beberapa negara yang akan berpartisipasi dalam IIBF kali ini diantaranya, Arab Saudi, Australia, Inggris, China, Maroko, India, Jepang, Jerman, Korea Selatan, Malaysia, Mesir, Turki, Singapura, Uni Emirat Arab, Thailand dan Tunisia.

Selain menjadi ajang penjualan buku secara langsung dari penerbit kepada pembaca, IIBF 2018 juga diharapkan menjadi market hub perbukuan internasional bagi para penerbit dan penulis yang ingin menyasar pasar global.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com