5.416 Pendaftar di Hari Pertama, Begini Proses Seleksi Beasiswa Kemenkominfo

Kompas.com - 18/09/2018, 10:40 WIB
Beasiswa Digital Talent 2018 Kementerian Kominfo.Kementerian Kominfo Beasiswa Digital Talent 2018 Kementerian Kominfo.

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengadakan beasiswa bertajuk "Digital Talent 2018". Pembukaan program beasiswa ini berlangsung hingga 5 Oktober 2018.

Pada hari pertama pembukaan program tersebut, terlihat antusiasme masyarakat yang begitu tinggi.

"Hari pertama 5.416 pendaftar yang selesai sampai proses akhir. Di luar yang coba-coba daftar," kata Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo, Ferdinandus Setu kepada Kompas.com, Selasa (18/9/2018).

Beasiswa tanpa gelar ini diperuntukkan untuk 1.000 orang pada 2018, yang akan dilaksanakan pada 15 Oktober-7 November 2018.

Nantinya, peserta kegiatan akan mendapatkan dua sertifikat yakni dari Microsoft Indonesia dan Kementerian Kominfo.

Beasiswa pelatihan terbuka untuk lulusan D3/S1, lulusan SMK bidang TIK, ASN/PNS/TNI/Polri, serta pelaku industri.

Baca juga: Pendaftaran 1.000 Beasiswa Pelatihan Digital Kominfo Dibuka Hari Ini!

Beasiswa yang dikelola oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Kominfo bekerja sama dengan lima universitas negeri di Indonesia sebagai tuan rumah dan penyedia tenaga pengajar.

Kelima universitas tersebut adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Sepuluh Nopember (ITS), dan Universitas Padjajaran (Unpad).

Nantinya, tema pelatihan dibagi menjadi lima, yaitu "Cyber-Security", "Cloud Computing", "Big Data Analytics", "Artificial Intelligence", dan "Digital Business".

Pelaksanaan pelatihan dengan tema "Cyber-Security" dan "Cloud Computing" akan dilaksanakan di ITB dan UI.

Tema "Big Data dan Artificial Intelligence" akan dilaksanakan di ITS dan UGM. Sedangkan, tema "Digital Business" dilaksanakan di Unpad.

Proses seleksi

Ferdinandus menyampaikan, tim seleksi yang terdiri dari perwakilan Kominfo dan perwakilan lima universitas negeri di atas akan melakukan proses penentuan akhir bagi peserta yang nantinya lolos mendapatkan beasiswa.

"Proses seleksi online meliputi isian profil diri, unggah data diri, lembar komitmen, tes pengetahuan dasar tema-tema pelatihan secara online. Semuanya jadi pertimbangan seleksi dengan bobot penilaian masing-masing," ujar dia.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X