Kompas.com - 01/10/2018, 20:49 WIB

KOMPAS.com - Lembaga Pemeringkatan Perguruan Tinggi Dunia Times Higher Education (THE) kembali merilis daftar World University Rankings (WUR) 2019. UI menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi dari Indonesia masuk ke dalam grup ini. 

Peringkat Universitas Indonesia (UI) berhasil meningkat yaitu masuk ke dalam kelompok peringkat 601 – 800 terbaik dunia. Tahun sebelumnya pada THE WUR 2018, UI menduduki kelompok peringkat 801 – 1.000.

Pemeringkatan ini dilakukan terhadap 1.258 perguruan tinggi di 86 negara dunia. 

Ini adalah tahun ketiga Indonesia masuk dalam pemeringkatan THE. Lembaga pemeringkatan ini secara konsisten menitikberatkan indikator penilaian berdasarkan Performa Pengajaran (kegiatan belajar mengajar) yang terdiri atas:

Baca juga: Ini Dia, 14 Universitas Terbaik Indonesia 2018 versi Kemenristek

  • Penelitian
  • Transfer dan Sharing Keilmuan
  • Cakupan Internasional 

Dilansir dari laman UI, Rektor UI Prof. Muhammad Anis menyampaikan, “Saat ini performa UI semakin meningkat tampak dari penilaian lembaga pemeringkatan bergengsi dunia, THE. UI tengah fokus meningkatkan kapasitas dan kualitas riset serta inovasi dan pengabdian masyarakat."

Ia menyampaikan selain itu, UI juga sedang "berlari" memperluas network dengan kampus-kampus Asia, Eropa dan benua lainnya.

“Persaingan adalah hal baik, yaitu pengembangan kualitas pendidikan dengan berkaca kepada kampus di dalam satu kawasan regional. Seperti National University of Singapore telah berhasil masuk dalam jajaran 25 besar dunia. Diharapkan prestasi dari kampus yang masih bertetangga dengan kita tersebut, mampu memicu semangat UI menuju Perguruan Tinggi Unggulan Asia Tenggara," tegas Anis.

Pencapaian ini bukan milik UI saja melainkan juga prestasi bangsa bahwa pendidikan tinggi di Indonesia telah diakui oleh dunia.

"Sebagai lokomotif perguruan tinggi di Indonesia, UI akan melesat maju menjadi perguruan tinggi yang mampu berkontribusi lebih untuk meningkatkan pertumbuhan dan daya saing nasional di tingkat global, mempromosikan inovasi dan kewirausahaan serta mengatasi tantangan sosial," tutup Anis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.