Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vokasi UI Gelar Pelatihan Warga Binaan di Lapas Cipinang

Kompas.com - 10/10/2018, 13:10 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Dosen Program Vokasi Universitas Indonesia (UI) menggelar pelatihan soft skill bagi warga binaan rumah tahanan (Rutan) kelas 1 Cipinang, Jakarta, 9 Oktober 2018.

Pelatihan ini bertema “Peningkatan Daya Saing Sumber Daya Manusia Melalui Pendekatan Pelatihan Soft Skill Warga Binaan Rumah Tahanan Negara Klas I Cipinang” diikuti 50 orang yang segera akan menyelesaikan masa tahanan.

Selain itu, sebanyak 20 petugas lembaga pemasyarakatan tersebut juga turut diberi pelatihan agar dapat membantu para warga binaan RUTAN bersiap diri menyongsong akhir masa tahanan.

Baca juga: Berbela Rasa, UI Siap Terima Mahasiswa Tadulako Palu

“Pelatihan ini memiliki tujuan memberikan pembekalan atau pelatihan guna menyiapkan daya saing kompetitif sehingga dapat memberikan kepercayaan diri bagi mantan narapidana yang segera akan menyelesaikan masa tahanannya” ujar Istiadi Ketua Program Studi Administrasi Perkantoran dan Sekretari Program Pendidikan Vokasi UI selaku ketua pengabdi.

Pembekalan kembali ke masyarakat

Istiadi menjelaskan pelaksanaan pembinaan pada warga binaan merupakan upaya mengembalikan mereka menjadi masyarakat yang baik. Diharapkan melalui pembekalan ini, warga binaan dapat lebih mudah dalam menjalani kehidupan setelah selesai menjalani masa tahanan.

Bimbingan LP ini diharapkan juga mampu membentuk kepribadian serta mental narapidana berubah normal dan sesuai dengan norma dan hukum yang berlaku.

“Di dalam pelaksanaan pembinaan ini diperlukan kerjasama dari komponen-komponen yang menunjang keberhasilan proses pembinaan narapidana, yaitu petugas LP, narapidana, dan masyarakat, itu mengapa kami juga melibatkan para petugas rutan” ujar Mila Viendyasari, dosen Vokasi UI.

Pelatihan dasar wirausaha dan masuk dunia kerja

Mila menjelaskan bahwa cakupan pelatihan meliputi; motivasi diri, dasar–dasar kewirausahaan  Kreatifitas dan Inovasi dan mempersiapkan diri memasuki dunia kerja.

Dalam dasar-dasar wirausaha, peserta dilatih mulai dari menganalisa potensi bisnis hingga membuat proposal usaha. Sedangkan peserta yang ingin bekerja dibimbing dalam mempersiapkan diri menghadapi wawancara kerja, membuat surat lamaran kerja dan membuat resume yang baik.

Dalam melaksanakan pelatihan program Vokasi UI mendapat dukungan dari Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia, LP dan Lentera Hati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com