Berniat Kuliah Internasional? Cek Dulu 10 Universitas Terbaik 2019 - Kompas.com

Berniat Kuliah Internasional? Cek Dulu 10 Universitas Terbaik 2019

Kompas.com - 11/10/2018, 14:33 WIB
Ilustrasi World University Rankings (WUR) versi The Times Higher Education  (THE)Dok. The Times Higher Education Ilustrasi World University Rankings (WUR) versi The Times Higher Education (THE)

KOMPAS.com - The Times Higher Education  (THE) telah merilis pemeringkatan universitas dunia (World University Rankings/WUR) untuk tahun 2019 dengan melibatkan lebih dari 1.250 perguruan tinggi. 

Secara rutin THE menggunakan 5 indikator penting dalam menentukan pemeringkatan ini yakni meliputi: pengajaran (30%), riset (30%), kutipan penelitian (30%), rasio dosen/mahasiswa/kelas internasional (7,5%) dan dampak ke dunia industri/bisnis (2,5%).

Dilansir dari laman resmi THE, pihak THE menyatakan pemeringkatan untuk tahun 2019 telah diaudit oleh perusahaan jasa profesional PricewaterhouseCoopers (PwC) dan menjadikan THE satu-satunya lembaga pemeringkatan universitas global yang diaudit secara independen.

10 universitas terbaik dunia versi THE

10. University of Chicago, Amerika Serikat

9. Imperial College London, Inggris

8. Yale University, Amerika Serikat

7. Princeton University, Amerika Serikat

6. Harvard University, Amerika Serikat

Baca juga: Ini Dia, 14 Universitas Terbaik Indonesia 2018 versi Kemenristek

5. California Institute of Technology, Amerika Serikat

4. Massachusetts Institute of Technology, Amerika Serikat

3. Stanford University, Amerika Serikat

2. University of Cambridge, Inggris

1. University of Oxford

Perubahan peta pemeringkatan

Daftar universitas terbaik tahun ini masih dipegang University of Oxford dan University of Cambridge untuk tahun kedua berturut-turut. Yale University merupakan satu-satunya pendatang baru di 10 besar, masuk peringkat ke-8, naik dari peringkat ke-12 tahun lalu.

Di Asia, Universitas Tsinghua menjadi universitas terbaik di Asia, setelah naik 8 peringkat dan tahun ini memegang peringkat 22 dunia. China naik posisinya, diperangaruhi meningkatnya kutipan penelitian di kalangan akademik.

Mengejutkan, negara lain Asia, Jepang telah mengambil alih posisi Inggris sebagai negara kedua dengan menempatkan universitas paling banyak masuk peringkat World University Rankings (WUR) THE, dengan 103 universitas dan Inggris dengan 98 universitas.

Peringkat lengkap universitas dunia versi THE dapat dilihat melalui tautan: https://www.timeshighereducation.com/world-university-rankings

 

 



Close Ads X