Pilihan Universitas Terbaik Asia 2018, Jepang atau China? - Kompas.com

Pilihan Universitas Terbaik Asia 2018, Jepang atau China?

Kompas.com - 11/10/2018, 15:36 WIB
Ilustrasi. World University Rankings versi THEDok. The Times Higher Education Ilustrasi. World University Rankings versi THE

KOMPAS.com - The Times Higher Education (THE) telah merilis pemeringkatan universitas dunia (World University Rankings/WUR) untuk tahun 2018 dengan melibatkan lebih dari 1.250 perguruan tinggi, termasuk Asia.

Tahun ini, THE memetakan peringkat 350 universitas dari 25 negara di Asia dengan menggunakan 5 indikator.

Indikator yang digunakan dalam menentukan pemeringkatan ini yakni: pengajaran (30%), riset (30%), kutipan penelitian (30%), rasio dosen/mahasiswa/kelas internasional (7,5%) dan dampak ke dunia industri/bisnis (2,5%).

10 universitas terbaik Asia

Dikutip dari laman resmi THE, berikut 10 universitas terbaik di Asia:

10. Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST), Korea Selatan.

9. Seoul National University, Korea Selatan.

8. The University of Tokyo, Jepang.

7. Chinese University of Hong Kong, Hongkong.

6. Nanyang Technological University, Singapura.

Baca juga: Berniat Kuliah Internasional? Cek Dulu 10 Universitas Terbaik 2019

5. Hong Kong University of Science and Technology, Hongkong.

4. University of Hong Kong, Hongkong.

3. Peking University, China.

2. Tsinghua University, China

1. National University of Singapore, Singapura

Indikator riset, penelitian menjadi penentu

The National University of Singapore menjadi universitas terbaik Asia versi THE selama 3 tahun berturut-turut. Beberapa hal membuat universitas ini selalu menjadi terbaik di Asia disebabkan karena meningkatkan mutu pengajaran, penelitian, kutipan riset dan memiliki dampak yang tinggi terhadap dunia industri. 

Sementara itu, Universitas Tsinghua menggantikan posisi Universitas Peking menjadi universitas terbaik di China setelah enam tahun. Tsinghua melonjak naik karena memiliki publikasi ilmiah yang jauh lebih tinggi daripada Universitas Peking dan meningkatkan penelitiannya jauh lebih cepat daripada saingannya di Beijing.

Peta pendidikan tinggi di Asia

Secara keseluruhan, Cina memiliki 63 universitas masuk dalam pemeringkatan THE, namun Jepang tetap mendominasi dengan berhasil menempatkan Namun, Jepang sekali lagi 89 universitas di rangking peringkat dunia.

Hongkong berhasil menempatkan 3 universitas dalam 10 terbaik Asia, dan 6 universitas di 60 besar sehingga menarik untuk memilih Hongkong sebagai destinasi studi selain China dan Jepang.

Di Asia Tenggara, Malaysia dengan Universitas Malaya berhasil masuk dalam 50 teratas untuk pertama kali. Sedangkan Indonesia berhasil meningkatkan diri dengan menempatkan 5 universitas dalam daftar peringkat tahun ini, jika dibandingkan hanya 4 universitas di tahun lalu.

Penurunan peringkat dialami 10 universitas Thailand antara lain disebabkan faktor populasi penduduk yang menua dan kelebihan pendidikan tinggi. Taiwan juga mengalami penurunan karena alasan yang sama.

Peringkat lengkap universitas dunia versi THE dapat dilihat melalui tautan: https://www.timeshighereducation.com/world-university-rankings

 



Close Ads X