Kompas.com - 14/10/2018, 22:34 WIB
Program sertifikasi kerjaindonesia.id dari Telkom Corporate University memberikan kesempatan beasiswa siswa SMAN 1 Cilacap belajar Bahasa Inggris secara online melalui aplikasi Bahaso. Dok. BahasoProgram sertifikasi kerjaindonesia.id dari Telkom Corporate University memberikan kesempatan beasiswa siswa SMAN 1 Cilacap belajar Bahasa Inggris secara online melalui aplikasi Bahaso.

KOMPAS.com - Program digital learning dan sertifikasi kerjaindonesia.id dari Telkom Corporate University (Telkom Corpu) memberikan kesempatan beasiswa kepada siswa SMAN 1 Cilacap belajar bahasa Inggris secara online melalui aplikasi Bahaso.

Selain dibekali kemampuan bahasa Inggris, siswa juga dituntut dapat memanfaatkan kecepatan dan kecanggihan teknologi digital dewasa ini. Sebagai apresiasi, lulusan terbaik diundang berkunjung ke kampus Telkom Corpu di Bandung sambil berwisata menikmati kota. 

Pemilihan SMAN 1 Cilacap karena sekolah ini merupakan unggulan di kota Cilacap, sementara di kota Cilacap cukup sulit dijumpai kursus bahasa Inggris berkualitas. Sistem pembelajaran online dirasa menjadi solusi mengatasi masalah ini

Serfitikat resmi UI

Ada 3 lulusan terbaik terdiri dari 2 murid dan 1 guru; Fauziyyah Hana (kelas XI IPS), Thatha Adhilah (Kelas XI IPS) dan Jumaddin (guru agama Islam). 

Program beasiswa ini telah berlangsung 3 bulan dari 12 Maret - 2 Juni 2018 lalu. Para peserta beasiswa, selama kurun waktu tersebut telah belajar bahasa Inggris menggunakan pembelajaran online dari aplikasi Bahaso.

Baca juga: Universitas Pertamina Jalin Kerjasama dengan Universitas di Malaysia

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Yang menarik, siswa mendapatkan sertifikat resmi Universitas Indonesia (UI), mengingat aplikasi Bahaso bekerja sama dengan UI untuk mengeluarkan sertifikat bagi penggunanya.

Kemudahan akses pembelajaran

Allana Abdullah, Chief Executive Officer Aplikasi Bahaso memaparkan bahwa pembelajaran melalui metode ini dirasa sangat efektif bagi siswa yang tidak banyak memiliki waktu dan terkendala demografi serta mempunyai anggaran terbatas.

“Dengan platform online, metode pembelajaran menjadi efektif. Masyarakat di daerah akan dapat dengan mudah mendapatkan materi dan bahan yang sama belajar bahasa Inggris dengan masyarakat di kota besar selama daerahnya dapat mengakses jaringan internet,” jelas Allana.

kerjaindonesia.id sendiri merupakan sebuah platform edukasi digital bersertifikasi dan merupakan bagian dari Program Indonesia Digital Learning yang digerakkan PT. Telkom. Program ini turut serta mempersiapkan target 58 juta tenaga kerja Indonesia terampil dan siap pakai serta didukung sertifikasi.

Kejar peringkat 7 perekonomian dunia

 

Program ini diharapkan mendukung Indonesia masuk peringkat 7 perekonomian dunia di tahun 2030. Tujuan Telkom Corpu menggandeng Aplikasi Bahaso adalah untuk uji coba akselerasi pelatihan bersertifikasi secara online, massal, massive dan terjangkau.

“Kami mempunyai tujuan agar kerjaindonesia.id dari Telkom Corpu dapat menggabungkan dunia usaha dan dunia industri dengan institusi pelatihan, komunitas profesi, pencari sertifikasi dan pencari kerja dalam sebuah digital market place," ujar Oki, Chief Executive Officer AMOEBA kerjaindonesia.id, Telkom Corporate University, 

Saat ini selain bermitra dengan Bahaso yang mejadi pilar akademi lingustik, kerjaindonesia.id juga telah memiliki akademi ICT, akademi entrepreneurship dan akademi global worker. Di masa akan datang jumlah akademi akan terus dikembangan sesuai kebutuhan sertifikasi dunia usaha dan dunia industri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.