Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UGM Tuan Rumah Olimpiade Kedokteran Internasional

Kompas.com - 18/10/2018, 20:38 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi tuan rumah olimpiade internasional di bidang kedokteran atau Indonesian International Medical Olympiad (IMO) yang diselenggarakan pada 16-19 Oktober di kampus UGM.

Pada kompetisi olimpiade kali ini, terdapat dua tim peserta berasal dari luar Indonesia, yakni tim Fakultas Kedokteran Univeritas Chiang Mai, Thailand dan Universitas De La Salle, Filipina.

Wakil Dekan Bidang Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FKKMK UGM, Gandes Retno Rahayu, mengatakan IMO merupakan kompetisi mahasiswa kedokteran paling bergengsi dilaksanakan rutin oleh Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI).

“Kali ini ada 65 fakultas kedokteran dari Indonesia ditambah dua tim dari Filipina dan Thailand,” kata Gandes di ruang senat FKKMK UGM (17/10/2018) seperti dilansir dari laman resmi UGM.

Selama 3 hari, kata Gandes, para peserta akan mengikuti uji pengetahuan dan keterampilan dalam bidang ilmu kedokteran. Meski penentuan pemenang ditentukan dengan 3 tahap seleksi, namun peserta yang tidak lolos dalam babak penyisihan hingga semi final akan diikutkan dalam rangkaian seminar dan talkshow.

Baca juga: Guru Besar UGM: 75-375 Juta Manusia Terancam Alih Profesi di Era 4.0

 

“Bagi kami, olimpiade ini sebagai sarana untuk memperkuat dirinya dari sisi pengetahuan dan keterampilan sehingga bisa menjadi dokter yang unggul di negara masing-masing,” katanya.

Ketua panitia IMO 2018, Yudo Wirawan, mengatakan ada 6 cabang perlombaan akan diuji kepada seluruh peserta, yakni pengetahuan soal jantung dan pernapasan, perkemihan dan kelamin, otot dan tulang, pencernaan, saraf dan kejiwaan, dan soal penyakit infeksi.

“Setiap peserta dinilai dari penguasaan mereka soal teori dan keterampilan maupun penanganan kasus,” katanya.

Menurutnya, penentuan juara olimpiade ditentukan berdasarkan jumlah pengumpulan poin tertinggi yang didapat tim peserta dan nantinya berhak mendapat piala bergilir dari Kementerian Kesehatan. “Tahun lalu diraih dari Fakultas Kedokteran USU,” katanya.

Dosen Pendamping dari Fakultas Kedokteran Universitas Chiang Mai Thailand, Kwanjik Duansonk, mengakui keikutsertaan Ching Mai dalam kompetisi IMO merupakan untuk pertama kali.

Menurutnya, kompetisi ini akan meningkatkan kemampuan dan daya saing anak didik di tingkat global. “IMO merupakan lomba paling sulit dan menantang karena yang diuji adalah pengetahuan dan skill,” katanya.

Sementara itu, Alex Bello, dosen dari Universitas De La Salle, mengatakan keikutsertaan mahasiswa Filipina ini diharapkan akan menambah jaringan yang lebih luas antar mahasiswa kedokteran di tingkat Asean. “Mereka bisa  mengenal satu sama lain melalui  hubungan pertemanan,”katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com