Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LKS Tantang Siswa SMK Buat Aplikasi Data Base

Kompas.com - 20/10/2018, 23:13 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Pada ajang IT Software Solution for Business Lomba Kreativitas Siswa (LKS) SMK Tingkat Provinsi Jawa Barat siswa SMK ditantang membuat aplikasi data base sebuah perusahaan (18/10/2018).

Menurut salah satu juri lomba IT Software Solution for Business, Eddo Fajar dalam pelaksanaan lomba peserta diminta memecahkan masalah dengan program atau aplikasi basis data yang mereka buat.

“Misalnya, sebuah perusahaan minta dibuatkan sistem transaksi keuangan menggunakan data base. Aplikasi tersebut harus memudahkan transaksi tadi,” ungkap Eddo. 

Ia melanjutkan melalui program tersebut siswa harus menemukan persoalan apa saja yang ditemukan dalam transaksi dan bagaimana dengan data base-nya.

Baca juga: Honda Pastikan Siswa SMK Binaan Terserap Dunia Industri

“Makanya, kriteria penilaiannya adalah bagaimana program basis datanya, apakah program yang dibuat sesuai dengan yang diminta juri? Dan apakah aplikasinya bisa dijalankan atau tidak,” katanya.

Menurut dia, siswa yang mengikuti lomba bidang ini berasal dari 26 kota/kabupaten di Jawa Barat. Mayoritas seluruh peserta bisa menjalankan perintah yang diminta.

Eddo mejelaskan secara prinsip siswa memiliki kemampuan dalam membuat aplikasi. Terlebih, kriteria penilaian lomba ini juga sudah dipelajari di sekolahnya masing-masing.

Ditambahkan, yang dibutuhkan dalam membuat aplikasi adalah logika. “Soal logika ini memang sudah dipelajari di sekolah. Tapi untuk menjadi seorang profesionalis dibutuhkan jam terbang yang tidak sebentar. Butuh proses,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com