Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terbaru, Daftar 10 Universitas Terbaik Asia Versi QS World 2019

Kompas.com - 25/10/2018, 11:43 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com — QS Asia University Rankings 2019, telah dirilis sebagai gambaran keunggulan standar akademik universitas di wilayah Asia.

Tahun lalu, sekitar 450 universitas masuk dalam daftar QS Wolrd University Rankings dan tahun ini jumlahnya bertambah cukup signifikan mencapai 505 universitas.

QS World University Ranking menggunakan beberapa indikator penting dalam pemeringkatan, yaitu reputasi akademik, reputasi lulusan, rasio fakultas dan mahasiswa, kutipan jurnal ilmiah, fakultas internasional, dan mahasiswa internasional.

Berikut daftar 10 universitas terbaik di Asia:

10. Seoul National University (SNU)

Seoul National University (SNU) didirikan pada 1946 melalui penggabungan 10 institusi pendidikan tinggi, dan menempati peringkat ke 36 di QS World University Rankings 2019 .

SNU memperoleh penilaian sangat baik terutama dalam reputasi akademik dan reputasi lulusan. Nyaris mencapai skor sempurna untuk kedua indikator ini. SNU banyak melahirkan lulusan di dunia K-Pop dan politisi Korea, termasuk mantan Presiden Korea Selatan, Kim Young-Sam.

9. Universitas Cina Hong Kong (CUHK) 

Didirikan tahun 1963, CUHK adalah universitas muda yang masuk jajaran Top 10 peringkat universitas Asia tahun ini dan masuk dalam peringkat ke- 49 universitas dunia.

Baca juga: Terbaru, 22 Universitas Indonesia Masuk QS Rankings Asia, Apa Saja?

CUHK tidak diragukan lagi dalam menetapkan standar ideal keunggulan akademik. Universitas ini mencapai skor sempurna untuk indikator fakultas internasional, siswa internasional, dan mahasiswa pertukaran.

8. Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)

Sebagai lembaga sains dan teknik penelitian pertama Korea Selatan, KAIST (Korea Advanced Institute of Science and Technolog ) didirikan tahun 1971 dan saat ini menduduki peringkat 40 terbaik dunia.

Masuk peringkat ke-8 Asia, universitas ini mendapat penilaian baik untuk semua kategori, terutama dalam akademisi. KAIST mencapai nilai sempurna untuk indikator penilaian persentase staf dengan gelar PhD, dan juga kutipan jurnal ilmiah serta jumlah penelitian yang diterbitkan.

7. Hong Kong University Science and Technology (HKUST)

Meskipun keberadaannya masih baru, didirikan tahun 1991, universitas ini langsung meningkat dengan cepat dalam peringkat universitas dunia. Saat ini, HKUST menempati posisi ke-37 universitas terbaik dunia.

HKUST dikenal memiliki komitmen tinggi pada standar pendidikan dan penelitian. Tidak mengherankan, HKUST mencapai skor sempurna dalam kutipan jurnal ilmiah, fakultas internasional, siswa internasional, dan siswa pertukaran.

6. Fudan University

Fudan University  juga masuk dalam peringkat ke- 44 di dunia. Universitas ini terletak di tengah kota metropolitan Shanghai, dan merupakan salah satu institusi China paling dihormati dan sangat selektif.

Didirikan tahun 1905, Fudan University unggul dalam indikator kutipan jurnal penelitian sebagai ukuran dari dampak penelitian yang dilakukan sebuah universitas.

5. Peking University

Didirikan pada tahun 1898, Peking University merupakan institusi pendidikan tinggi tertua di Cina. Selama rentang eksistensi 2 abad ini, Peking University memainkan peran penting pada peristiwa besar sejarah seperti Gerakan Kebudayaan Baru China dan protes Lapangan Tiananmen tahun 1989.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com