Saat Aura Kasih dan Praktisi Berbagi Praktik Baik Literasi

Kompas.com - 30/10/2018, 06:57 WIB
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas (PSMA) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar Festival Literasi Sekolah (FLS) ke-4 yang berlangsung sejak Jumat 26-31/10/2018 di Sentul, Bogor, Jawa Barat. Dok. Direktorat PSMADirektorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas (PSMA) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar Festival Literasi Sekolah (FLS) ke-4 yang berlangsung sejak Jumat 26-31/10/2018 di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

KOMPAS.com - Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas (PSMA) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) menggelar Festival Literasi Sekolah (FLS) ke-4 yang berlangsung sejak Jumat 26-31/10/2018 di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Ajang ini sebelumnya disebut Akademi Remaja Kreatif Indonesia (ARKI) dan tahun ini melibatkan sebanyak 100 finalis tingkat SMA/MA/Homeschooling se-Indonesia dalam berbagai di bidang kompetisi yakni Cipta Komik, Cipta Cerita Pendek (Cerpen), dan Cipta Syair.

Tahun ini, naskah masuk berjumlah 1.243 naskah dari SMA seluruh Indonesia. Dari naskah tersebut terpilih sejumlah 40 naskah cerpen, 30 naskah syair, dan 30 naskah komik masuk menjadi finalis FLS 2018.

Tema besar yang diusung pada ajang ini adalah "Cinta Tanah Air". Di sini, para finalis diajak mencintai Indonesia dengan caranya masing-masing.

Praktik baik literasi

Rangkaian acara FLS tidak hanya diisi kompetisi lomba saja namun juga peserta mendapat berbagai pembelajaran praktik baik literasi langsung dari para praktisi.

Salah satunya Aura Kasih, artis peran dan penyanyi ini membagikan pengalaman proses kreatif menulis buku terbarunya berjudul "Renjana". Ia mengatakan ide-ide itu dapat datang di setiap kesempatan.Mulai di dalam kendaraan misalnya pesawat ataupun saat ia sedang merenung.

Saat ide itu datang, ia langsung menulis di sebuah kertas. Dari kumpulan ide tersebut jadilah sebuah karya. 

Baca juga: FLS 2018 dan Momentum Mengintegrasikan Literasi dalam Kurikulum 2013

"Aku senang membaca buku mulai dari buku sejarah, politik, novel sampai komik. Menurutku buku sangat memberikan kita banyak ruang dalam berimajinasi bila dibandingkan dengan film yang visual," kata Aura Kasih. Ia menambahkan, kegemarannya membaca ini sangat membantu dalam karirnya sebagai pemain film.

Ia mengharapkan para siswa peserta FLS dapat terus semangat dalam menghasilkan karya. "Terus semangat berkarya, jangan berhenti berimajinasi," ujarnya.

Media sosial, media berkreasi

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas (PSMA) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar Festival Literasi Sekolah (FLS) ke-4 yang berlangsung sejak Jumat 26-31/10/2018 di Sentul, Bogor, Jawa Barat.Dok. Direktorat PSMA Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas (PSMA) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar Festival Literasi Sekolah (FLS) ke-4 yang berlangsung sejak Jumat 26-31/10/2018 di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X