Kompas.com - 05/11/2018, 07:30 WIB
Sinarmas World Academy (SWA) menggelar beberapa kegiatan edukatif dalam acara open house yang mereka selenggarakan tanggal 2-3 November 2018 di SWA School di Tangerang, Banten. Dok. Kompas.comSinarmas World Academy (SWA) menggelar beberapa kegiatan edukatif dalam acara open house yang mereka selenggarakan tanggal 2-3 November 2018 di SWA School di Tangerang, Banten.

KOMPAS.com - Sinarmas World Academy (SWA) menggelar beberapa kegiatan edukatif dalam acara open house yang mereka selenggarakan tanggal 2-3 November 2018 di SWA School di Tangerang Selatan, Banten.

Acara tersebut menggelar beberapa kompetisi di antaranya: Speeling Bee, Amazing Math Race, Science Quest, Swimming, Basketball, Escape Room, Fresbee hingga You Got Talent.

Selain menggelar lomba, SWA juga mengadakan beragam kegiatan workshop mulai dari robotik, kaligrafi, hingga seni (art). Tahun ini, SWA mengangkat tema "Celestial" untuk acara open house mereka.

Baca juga: Pendidikan Anak Usia Dini, Apa yang Harus Dicermati oleh Orangtua?

"Kami sengaja memilih tema ini sebagai sebuah ungkapan 'tanpa batas' dalam proses pembelajaran. Kami ingin mengajak para siswa untuk terus mengeksplorasi minat dan bakat mereka tanpa batas dalam mengembangkan diri," kata Arlene, ketua pelaksana acara kepada Kompas.com di sela-sela acara.

Sinarmas World Academy (SWA) menggelar beberapa kegiatan edukatif dalam acara open house yang mereka selenggarakan tanggal 2-3 November 2018 di SWA School di Tangerang, Banten.Dok. Kompas.com Sinarmas World Academy (SWA) menggelar beberapa kegiatan edukatif dalam acara open house yang mereka selenggarakan tanggal 2-3 November 2018 di SWA School di Tangerang, Banten.

Ia menambahkan, acara ini sekaligus memberikan kesempatan bagi para orangtua untuk lebih mengenal sekolah SWA secara langsung melihat pola pendidikan dan juga fasilitas yang mereka miliki.

"Acara kali ini dirancang tidak hanya berfokus kompetisi akademik saja. Ada olahraga, seni, dan bahkan kami menghadirkan workshop kaligrafi China dan robotik yang menjadi salah satu kegiatan non akademik unggulan kami," jelas Arlene.

Kegiatan ini, menurutnya, sekaligus ingin memperlihatkan bahwa pola pembelajaran SWA tidak melulu berfokus pada akademik saja. "Pembelajaran SWA menggunakan pendekatan holistik dan juga menyeluruh, tidak hanya menekankan akademik saja," ujarnya.

Sinarmas World Academy (SWA) menggelar beberapa kegiatan edukatif dalam acara open house yang mereka selenggarakan tanggal 2-3 November 2018 di SWA School di Tangerang, Banten.Dok. Kompas.com Sinarmas World Academy (SWA) menggelar beberapa kegiatan edukatif dalam acara open house yang mereka selenggarakan tanggal 2-3 November 2018 di SWA School di Tangerang, Banten.

Menurutnya, sangat penting bagi sekolah untuk mengembangkan minat dan bakat siswa secara menyeluruh. Tidak semua pintar matematika, tidak semua siswa mampu di sains. Ada siswa yang memiliki potensi dalam seni misalnya, atau memiliki bakat istimewa dalam robotik. Potensi dan bakat inilah yang ingin dikembangkan sekolah agar siswa mampu mencapai potensi terbaik mereka, tambahnya.

Selain itu, sangat penting pula membangun suasana belajar-mengajar yang menyenangkan bagi siswa. Dalam acara hari ini orangtua dapat melihat ada berbagai macam cara untuk membuat kegiatan belajar jadi menyenangkan bagi anak, jelasnya.

"Pembelajaran yang menyenangkan akan membuat siswa antusias dan tertarik dalam mengikuti pembelajaran di sekolah. Sekolah tidak lagi menjadi hal yang membebani siswa," tutup Arlene.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X