Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KEPAK 2018, Asah Jiwa Kepemimpinan Siswa lewat Kepramukaan

Kompas.com - 05/11/2018, 18:50 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy membuka Kemah Penguatan Karakter Melalui Pendidikan Kepramukaan (KEPAK) 2018, Senin (5/11/2018), di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut Mendikbud mengharapkan siswa peserta KEPAK dapat mengasah jiwa kepemimpinan.

Mendikbud mengatakan bahwa kepramukaan merupakan wahana tepat mengasah jiwa kepemimpinan. Muhadjir berharap para siswa memanfaatkan KEPAK ini sebagai ajang berlatih, menggali ilmu dan pengalaman sebanyak-banyaknya.

"Kalau sekarang kalian masih di dunia latihan, tetapi pada saat berlatih inilah saat yang tepat untuk menempa diri kalian," pesan Mendikbud. Muhadjir juga mengingatkan para siswa peserta KEPAK memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya.

Dari belasan juta siswa jenjang pendidikan menengah di Indonesia, terpilih 420 siswa mengikuti kegiatan ini. "Manfaatkan kegiatan ini sebaik-baiknya, karena kalian adalah pilihan dari yang terpilih," kata Muhadjir.

Baca juga: Kemendikbud Luncurkan Mobil Bioskop Keliling untuk 11 Wilayah

Dalam kesempatan sama, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud (Dirjen Dikdasmen) Hamid Muhammad menyebutkan tujuan pelaksanaan KEPAK 2018 adalah menyiapkan siswa SMA dan SMK menjadi pelopor perubahan karakter bangsa melalui kepramukaan.

"Tema yang diangkat dalam Kemah Penguatan Karakter ini adalah siswa SMA dan SMK pelopor penguatan karakter menuju generasi emas Indonesia," Kata Hamid Muhammad.

Hamid melaporkan bahwa KEPAK 2018 diikuti 558 peserta. Peserta terdiri dari 420 siswa SMA dan SMK, dan 138 guru pendamping. "Siswa yang terpilih dalam kegiatan ini adalah siswa yang aktif dalam kegiatan kepramukaan, palang merah remaja, dan juga pasukan pengibar bendera," kata Dirjen Dikdasmen.

KEPAK 2018 dilaksanakan di dua tempat yakni Kemah siswa SMA di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta dan kemah siswa SMK di Green Forest Bogor. Kegiatan ini berlangsung tanggal 4 hingga 9 November 2018.

Kegiatan selama enam hari ini akan diisi dengan berbagai materi tentang pembentukan karakter, cinta bahari, penanggulangan narkoba, antisipasi paham radikalisme, dan lain-lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com