Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tas Berpendar Antar FIA UI Raih Juara Pertama KMI 2018

Kompas.com - 14/11/2018, 09:00 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Tim mahasiswa Ilmu Administrasi Niaga Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) berhasil menarik perhatian di ajang kewirausahaan tahunan Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) IX 2018, Institut Pertanian Bogor.

Tim yang dinamakan "Spextrum" ini berhasil meraih Juara 1 kategori industri I Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Award.

Pembimbing sekaligus Dosen Ilmu Administrasi Niaga, Fibria Indriati, menyampaikan ada 2 tim FIA UI lolos dalam proposal ini dari 18 tim yang mengirimkan proposal.

Tim pertama menghadirkan brand "Spextrum" memproduksi tas reflektif yang jika terkena cahaya dapat berpendar. Sedangkan tim kedua produksi reversable kimono "Ariana".

 

“Produk-produk tersebut sudah diproduksi secara umum walau masih ada kendala dalam beberapa hal seperti bahan baku yang sulit diperoleh dan waktu pengerjaan yang disela-sela pembuatan skripsi,” kata Indri (13/11/2018).

Baca juga: Tantangan Ilmu Administrasi Hadapi Era Global dan Digital

Dua proposal yang lolos ini juga mendapatkan pendanaan dan pengembangan produk serta dimonitor.

Proposal tim "Spextrum" berhasil didanai Rp 12 juta, ditambah hadiah sebagai Juara 1 mereka mendapatkan dana sebesar Rp 8 juta. Tim "Spextrum" terdiri dari Hafiz Nurfajri, Fadhlurrahman, M. Nursyaadillah, dan Moch. Zulvikar.

Sementara tim "Ariana" berhasil mendapatkan dana pengembangan produk sebesar Rp 20 juta.

Kiat berwirausaha mahasiswa Ilmu Administrasi Niaga sudah didorong sejak diberikan mata kuliah kewirausahaan. Mahasiswa ini lalu didorong untuk persiapan KMI award.

Produk ini pun berkembang dengan menggunakan jalur pemasaran secara online menggunakan sosial media.

“Mereka juga mendapatkan jejaring, karena kemarin juga dideklarasikan Indonesia Student Enterpreneur Network yang terdiri dari perguruan-perguruan tinggi se-Indonesia,” tambah Indri.

KMI Award merupakan kompetisi untuk menentukan wirausaha dan stand terbaik, sebagai salah satu agenda utama dalam ajang kewirausahaan tahunan Expo KMI IX 2018.

Dalam KBMI bisnis yang diikutsertakan adalah industri kreatif non-kuliner. Bisnis yang dipresentasikan beragam, dari mulai tas, pakaian hingga aplikasi. KMI ekspo dan award tingkat nasional ini diikuti 124 perguruan tinggi seluruh indonesia dengan 1.144 peserta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com