Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendorong Keterbukaan Data untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan

Kompas.com - 14/11/2018, 17:12 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Keterbukaan data dapat meningkatkan akuntabilitas dan sekaligus meningkatkan kualitas sekolah. Hal ini mengemuka dalam diskusi yang digelar Sampoerna University di kampus L'Avenue Building, Pasar Minggu, Jakarta (14/11/2018).

Dekan Fakultas Pendidikan Sampoerna University Nisa Felicia mempresentasikan laporan studi kasusnya berjudul "Indonesia: Using Open School Data to Improve Transparency and Accountability".

Rektor Sampoerna University Wahdi Yudhi dalam sambutannya menyampaikan kajian ini merupakan bentuk nyata Sampoerna Unversity melalu Fakultas Pendidikan untuk memberikan kontribusi pada pembangunan pendidikan di tanah air.

Keterbukaan data dan kualitas pendidikan

 

"Diharapkan kajian ini dapat menjadi salah satu sumber masukan untuk pembuat kebijakan, khususnya kebijakan terkait open data sehingga sistem pendidikan kita dapat menjadi  lebih transparan dan akuntabel, sehingga dapat memberikan layanan pendidikan yang bermutu tinggi bagi anak-anak kita,” ujar Rektor. 

Kepada Kompas.com Nisa menyampaikan laporan ini dirancang sebagai forum diskusi publik mengenai kajian terutama berkaitan dengan inisiatif data dan terbuka dan akuntabilitas sekolah.

"DIbutuhkan hampir 2 tahun untuk menyelesaikan studi kasus ini dimulai dari kunjungan studi ke Australia bulan Oktober 2016 yang digagas UNESCO," cerita Nisa. 

Baca juga: INDEF: Makin Naik Rasio Belanja Pendidikan, Makin Lebar Ketimpangan

Di Indonesia studi kasus ini dilaksanakan dengan mengacu pada kerangka kerja yang dikembangkan UNESCO dan telah diterapkan dalam studi kasus di Indonesia serta 5 negara lain di Asia Pasifik.

"Kajian utama ini melibatkan 304 partisipan tersebar di 17 SMP di Semarang, Bojonegoro dan Makassar," jelas Nisa.

Tantangan keterbukaan data dan akuntabilitas

Wahdi Yudhi Rektor Sampoerna University saat memberikan sambutan dalam diskusi Indonesia: Using Open School Data to Improve Transparency and Accountability di kampus LAvenue Building, Pasar Minggu, Jakarta (14/11/2018).Dok. Kompas.com Wahdi Yudhi Rektor Sampoerna University saat memberikan sambutan dalam diskusi Indonesia: Using Open School Data to Improve Transparency and Accountability di kampus LAvenue Building, Pasar Minggu, Jakarta (14/11/2018).

Lebih lanjut Nisa menjelaskan tema utama hendak diangkat adalah keterbukaan data dapat meningkatkan akuntabilitas sekolah bila beberapa syarat dapat dipenuhi. "Termasuk di dalamnya adalah kemudahan akses dan relevansi data tersebut," tegasnya.

Tema ini muncul karena banyak pendapat berkembang di masyrakat dan juga birokrasi bahwa transparansi data di dunia pendidikan seringkali dianggap tidak berpengaruh langsung pada kualitas dan akuntabilitas pendidikan di sekolah.

Publikasi data di laman resmi Sekolah Kita dan Cek Sekolahku menjadi bahan penelitian studi kasus Nisa terhadap persoalan kaitan keterbukaan data dan akuntabilitas sekolah.

Senada dengan hal tersebut, Wawan dari Transparency International menyampaikan transparansi data termasuk pengelolaan dana pendidikan menjadi hal penting mengingat masih ada sekolah melakukan pungutan meski telah mendapatkan kucuran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

"Oleh karena itu masyarakat perlu dilibatkan tidak hanya di hilir saat melaporkan atau membuat pengaduan. Justru orangtua, masyarakat juga perlu terlibat sejak awal dalam perencanaan atau memetakan kebutuhan sekolah," tegasnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com