Asik, Vokasi UI Luncurkan "English Public Speaking" Gratis!

Kompas.com - 14/11/2018, 17:50 WIB
Program Vokasi Komunikasi (Vokom) UI dan Agora Speakers International meluncurkan layanan Klub Public Speaking dalam Bahasa Inggris secara gratis. Dok. Vokasi UIProgram Vokasi Komunikasi (Vokom) UI dan Agora Speakers International meluncurkan layanan Klub Public Speaking dalam Bahasa Inggris secara gratis.

KOMPAS.com - Bertempat di Auditorium Vokasi UI, Depok, Program Vokasi Komunikasi (Vokom) UI dan Agora Speakers International meluncurkan layanan Klub Public Speaking dalam Bahasa Inggris secara gratis yang pertama di kampus di Indonesia yaitu Vokom UI Agora Speakers Club.

Kegiatan ini dibuka Ketua Program Studi Vokom, Devie Rahmawati dan Duta Besar Agora Speakers International, Michael Otto Nicholson (12/11/2018).

Dalam peluncuran ini, lebih dari 300 peserta hadir mengikuti kelas percobaan.

Devie menyampaikan, berdasarkan studi kualitatif dilakukan Vokom UI selama 6 bulan bersama 55 pelaku industri menemukan bahwa modalitas sosial untuk mampu bertahan di industri sebagai karyawan maupun menjadi pemilik usaha ialah kemampuan menyampaikan gagasan yang tepat dan cermat

"Its not only about What to Say, tetapi juga How to Say,” ujar Devie Rahmawati, yang juga merupakan kordinator peminatan penyiaran.

Ketua Program Studi Vokom, Devie Rahmawati dan Duta Besar Agora Speakers International, Michael Otto Nicholson membuka Klub Public Speaking dalam Bahasa Inggris secara gratis pertama di kampus Indonesia yaitu Vokom UI Agora Speakers Club.(12/11/2018).Dok. Vokasi UI Ketua Program Studi Vokom, Devie Rahmawati dan Duta Besar Agora Speakers International, Michael Otto Nicholson membuka Klub Public Speaking dalam Bahasa Inggris secara gratis pertama di kampus Indonesia yaitu Vokom UI Agora Speakers Club.(12/11/2018).

Hasil studi Vokom relevan dengan temuan Prezi, sebuah perusahaan global yang menyebutkan 70% responden penelitian mereka di kalangan bisnis menyatakan kemampuan presentasi merupakan faktor krusial untuk meraih kesuksesan karir.

“Latihan berbicara di depan umum bukan hanya sekedar berbicara. Peserta juga akan dilatih untuk mendengar, memberikan respon terhadap peserta lain dengan cara yang benar dan baik," imbuh Devie, pengajar tetap hubungan masyarakat.

Baca juga: Ehm, Reza Rahadian Mengajar di Vokasi UI, Ngajar Apa?

Ia menambahkan, peserta juga akan dilatih menjadi pemimpin ketika mereka secara bergilir menjadi kordinator pertemuan diskusi,“ 

“Klub ini terbuka untuk semua kalangan, bukan hanya mahasiswa, dosen ataupun karyawan di program vokasi UI. Kami akan membuka kelas rutin setiap hari Jumat pukul 09.00 – 10.30 sepanjang tahun," jelasnya.

Setelah tiga bulan, para peserta dari mahasiswa akan didorong mengajar masyarakat sekitar sebagai bagian dari pengabdian masyarakat, lanjutnya.

Program Vokasi Komunikasi (Vokom) UI dan Agora Speakers International meluncurkan layanan Klub Public Speaking dalam Bahasa Inggris secara gratis. Dok. Vokasi UI Program Vokasi Komunikasi (Vokom) UI dan Agora Speakers International meluncurkan layanan Klub Public Speaking dalam Bahasa Inggris secara gratis.

“Pengajar kelas ini akan terdiri dari komunitas Internasional di Jakarta dan lokal yang akan mengajarkan di antaranya: dramatization, story telling, body language, achieving charisma, presentation software, persuasive skills, critical thinking and debating, educational speeches, humorous speeches dan speaking for entrepreneurs and business," kata Devie.

Ia menyampaikan, pihaknya juga mempersiapkan kelas bagi para jurnalis cetak, elektronik dan online.

Agora Speakers International ialah sebuah organisasi non profit dunia berpusat di Madrid, Spanyol. Komunitas ini sudah memiliki jaringan di lebih dari 50 negara.

Sistem pembelajaran mereka memadukan kemampuan online dan offline. Setiap materi dapat diunduh secara gratis dan terbuka melalui website. Sehingga seluruh peserta pertemuan dapat membaca pengetahuan tentang teknik berbicara di depan umum kapanpun dan di manapun.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X