Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Pekerjaan Ini Akan Segera Digantikan Robot, Apa Saja?

Kompas.com - 16/11/2018, 09:30 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com — Apakah kita siap bila pekerjaan kita digantikan robot R2D2 seperti di film fiksi ilmiah Star Wars?

Jangan salah, hal itu bukan lagi sekadar fiksi. Studi terbaru Mckinsey Global Institute memperkirakan sekitar 800 juta pekerja di seluruh dunia akan kehilangan pekerjaan dengan adanya otomatisasi tahun 2030.

World Economic Forum menampilkan data berdasarkan laporan "Future of Jobs Report 2018" yang mencoba mengintip perubahan teknologi yang akan terjadi selama empat tahun ke depan pada tahun 2022.

Beberapa pekerjaan diperkiraan akan menjadi tidak dibutuhkan dan akan digantikan profesi baru. Namun, ada pula pekerjaan lama yang masih akan dibutuhkan di masa depan. Pekerjaan apa saja?

10 pekerjaan akan mubazir

Berikut adalah daftar pekerjaan yang diperkirakan akan banyak berkurang hingga tahun 2022, serta karier baru yang dibutuhkan:

1. Input Data/Data Entri akan digantikan dengan Data Analyst/Scientist. Posisi manager atau supervisor bidang ini masih akan tetap dipertahankan.

2.  Akunting dan Payroll diperkirakan akan tergantikan dengan AI (kecerdasan buatan) dan Machine Learning Specialist. Namun, posisi General Manager bidang ini akan tetap dibutuhkan.

3. Administrasi dan Sekretaris Ekskutif akan banyak dialihkan pada General/Operation Manager dengan bantuan Software/Application Developers dan Analysts.

4. Perakitan dan pekerja pabrik akan banyak tergantikan dengan Spesialis Data Analyst.

Baca juga: Ingat, Ini Skill yang Harus Dimiliki di Era Industri 4.0

5. Layanan Bisnis dan Administrasi akan mengalami banyak pengurangan dan akan dialihkan pada fokus sales dan marketing.

6. Akuntan dan Auditor akan dialihkan pada posisi New Technology Specialits dengan menekankan pada peran Human Resource Specialits.

7. Pencatat Stok dan Material akan tergantikan dengan Organizational Specialits bersama dengan Penasehat Finansial dan Investasi.

8. Manager Operasional dapat digantikan dengan Software dan Application Developers maupun profesi Data Base and Networks Specialits.

9. Jasa pos akan digantikan dengan posisi Supply Chain and Logistik Specialists bersama dengan Information Technology Service.

10. Pusat Informasi dan Layanan Pelanggan akan lebih banyak dialihkan pada profesi Sales and Marketing dan juga Digital Transformation Specialist.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com