Kompas.com - 19/11/2018, 20:38 WIB
5 mahasiswa Program Pendidikan Vokasi UI, program studi komunikasi dari kelas Olah Suara dan Penyajian terpilih menjadi tim penyelenggaraan pertunjukan Teater Bunga Penutup Abad. Dok. Vokasi UI5 mahasiswa Program Pendidikan Vokasi UI, program studi komunikasi dari kelas Olah Suara dan Penyajian terpilih menjadi tim penyelenggaraan pertunjukan Teater Bunga Penutup Abad.

KOMPAS.com - Mahasiswa Program Pendidikan Vokasi UI, program studi komunikasi dari kelas Olah Suara dan Penyajian terpilih menjadi tim penyelenggaraan pertunjukan Teater Bunga Penutup Abad bersama Reza Rahadian.

Bertempat di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, kelima mahasiswa ini berhasil melewati proses seleksi dari 67 mahasiswa lain yang juga mendaftar. Kelimanya berlatih management event.

Reza Rahadian sendiri merupakan dosen praktik Program Vokasi Komunikasi (Vokom) UI sejak September 2018. Reza mengajar mata kuliah olah suara dan penyajian selama 14 pertemuan dalam satu semester. 

Di tengah jadwal padat, Reza secara khusus mendampingi mahasiswanya memperoleh gambaran utuh dan nyata tentang proses produksi sebuah program TV. 

“Progam Studi Vokasi Komunikasi memiliki misi untuk menciptakan lulusan BEST yaitu Kemampuan seorang mahasiswa agar menjadi pribadi yang berani (Brave) mengambil peluang dengan cara yang baik (Excellent), cerdas (Smart) dan disertai kejujuran, yang akan berbuah kepercayaan (Trustworthy)," ujar Devie Rahmawati, Ketua Program Studi Vokom UI.

Baca juga: Cari Solusi Pembangunan Ibu Kota, Universitas Indonesia Gelar CENS UI 2018

Ia menambahkan, untuk mewujudkan ini para pengajar diminta menerapkan 3C yaitu Class teaching, Case Study dan Collaboration Project.

"Reza pun secara aktif menerapkan metode ini. Salah satunya dengan selalu memberikan informasi tentang kesempatan mengasah ketrampilan di dunia nyata kepada para mahasiswanya,” jelasnya. 


Devie menyampaikan, “Reza sangat serius membantu Prodi Vokom untuk tidak hanya berfokus pada pendekatan struktur yaitu mempersiapkan ketrampilan teknis berupa penguasaan alat dan proses yang ada di industri, tetapi juga membangun kultur agar menjadi mahasiswa The BEST."

Ia menganalogikan para mahasiswa tidak dapat menguasai teknik berenang dan mengenal lautan hanya dengan menyaksikan orang lain berenang di laut. Mereka harus langsung terjun dan belajar bagaimana menguasai samudra.

"Untuk itulah, Reza selalu menawarkan berbagai kesempatan untuk studi di industri secara langsung,” tambah Devie.

“Meskipun mas Reza adalah pemain dalam kegiatan Teater Bunga Penutup Abad, bukan berarti Mas Reza yang menjadi tim seleksi. Para mahasiswa berkompetisi secara fair. Mas Reza hanya memandu persiapan-persiapan yang harus mereka kuasai agar dapat lolos tahapan seleksi," tegas Devie.

Para mahasiswa tetap mempersiapkan CV dan menyusun sebuah esai sebagai salah satu persyaratan seleksi, tutup Devie Rahmawati.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.