Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Terus Dorong Siswa SMK Lakukan Inovasi

Kompas.com - 19/11/2018, 22:04 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Kepala Bidang Pendidikan Menengah Kejuruan (PMK) Dinas Pendidikan Jawa Barat, Dodin Rusmin Nuryadin terus memotivasi siswa SMK melakukan inovasi.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberikan fasilitas-fasilitas agar siswa SMK semangat berkreasi dan berinovasi. Dodin mengatakan pemerintah mendukung dengan memenuhi delapan standar pendidikan.

“Kalau fasilitasi itu adalah sisi kebijakan, dan pemenuhan delapan standar pendidikan terus kita penuhi dan tentu kalau bicara jumlah SMK kan banyak, dan akan kita penuhi semua secara bertahap,” ujar Dodin saat penutupan EPITECH XII 2018 di Lapangan Olahraga Kerkoff, Kabupaten Garut, (15/11/2018).

Dikutip dari laman resmi Dinas Pendidikan Jawa Barat, Dodin mengatakan dalam ajang EPITECH XII 2018, siswa SMK menampilkan karya mereka. Di sini mereka mendapatkan apresiasi masyarakat luas. Dengan begini, siswa akan lebih termotivasi agar terus berkarya.

“Tentu kita motivasi, ini ditampilkan hasil anak-anak atas bimbingan guru, kreasi inovasi terbaik sesuai dengan kompetensi yang mereka miliki. Dan semoga ini memotivasi juga siswa dan sekolah lain untuk selalu berinovasi berkreasi dan kolaborasi,” ujar Dodin.

Salah satu peserta asal SMK PPN Lembang, Heri Hermawan mengatakan pameran ini sebagai ajang belajar berwirausaha dan berlatih public speaking. Di sini ia dapat menjual karya agar dikenal masyarakat.

"Mengikuti pameran ini sebagai ajang berlatih kewirausahaan dan public speaking. Di sini kami berdagang dan bagaimana kita memperkenalkan suatu produk dengan cara bicara yang baik," ujar Heri.

Salah satu pengunjung, siswa SMKN 12 Garut, Arya Dwi Nugraha mengatakan kegiatan seperti ini seru dan menambah pengetahuan tentang produk-produk karya SMK lainnya

"Seru, dari awal saya sudah ke sini terus. Bukan hanya tertarik melihat produk yang dihasilkan, saya juga sangat senang melihat kawan-kawan se-SMK di Jawa Barat unjuk kemampuan di atas pentas," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com