Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuliah Umum ITB: Indonesia Baru Siap 5G Tahun 2022

Kompas.com - 20/11/2018, 12:29 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Kemajuan teknologi komunikasi telah banyak membawa perubahan terhadap kehidupan manusia. Setelah hadirnya 4G di Indonesia, kini dunia internasional tengah mempersiapkan diri peluncuran generasi selanjutnya, 5G.

Pada kuliah umum ke-4078, Institut Teknologi Bandung (ITB) menghadirkan Prof. Khoirul Anwar mengupas era 5G di masa akan datang terutama bagi Indonesia dalam tema "Menghadapi Berbagai Perubahan Era 5G Dalam Bidang Teknologi, Bisnis dan Sosial."

Dosen Telkom University ini mengatakan, pada 2020 teknologi 5G akan diimplementasikan negara-negara maju. Sementara untuk Indonesia, baru siap menerapkan 5G tahun 2022 mendatang.

Indonesia tunda 2 tahun 5G

 

Kesimpulan ini didapat Khoirul Anwar sepulang dari "5G International Symposium 2018" di Jepang. "Keputusan ini berdasarkan hasil diskusi dengan Kominfo, kita menunda dulu dua tahun untuk 5G," ungkap Khoirul.

Baca juga: ITB Raih Juara National Safety Competition 2018

Dia mengatakan, implementasi dari 5G sendiri di Indonesia akan diterapkan pada bidang agriculture, disaster, transportasi. Sebab Indonesia memiliki karakteristik wilayah yang berbeda dengan negara-negara lain.

Khoirul yang juga merupakan alumni ITB ini, mengatakan target dari implementasi 5G adalah 20 gigabyte per second.

Ragam penerapan 5G

Banyak kemungkinan yang bisa terjadi setelah 5G ini hadir misalnya, kemampuan komunikasi dalam bentuk hologram, operasi di rumah sakit dilakukan dokter dalam jarak jauh, save driving car untuk transportasi dan untuk disaster.

"Penerapan 5G ini perlu kestabilan jaringan yang bagus," ujarnya.

 

Dalam teknologi 5G Khoirul menjelaskan bahwa terbagi menjadi 3 bagian utama. Untuk jaringan Broadband atau eMBB (Enhanched Mobile BroadBand) kecepatan sinyalnya mencapai 20GB/s. Kedua ada UR LLC (Ultra Reliable Low Latency Communications) lalu kemudian MMTC (Massive Machine Type Communications).

Penundaan implementasi 5G dipengaruhi berbagai hambatan seperti luasnya wilayah di Indonesia, infrastruktur kurang mendukung, masih ada daerah belum terjangkau 4G dan kesiapan dari provider telekomunikasi di Indoneisa.

Indonesia 5G Forum

Khoirul Anwar dikenal sebagai penemu 4G. Penelitiannya di bidang ini, bahkan masuk dalam standar ITU-T. ITU-T (International Telecommunication Union of Telecommunication) adalah standar internasional dibidang Telekomunikasi.

Menurut Khoirul, semakin banyak suatu negara mengembangkan teknologi, akan menambah pertumbuhan ekonomi. Setelah meraih gelar magister, doktor dan menjadi dosen di Jepang, ia memutuskan untuk kembali ke Tanah Air dan mendirikan Center for Advance Wireless Technologies (Adwitech).

Pada Juni 2015 Khoirul juga menginisiasi didirikannya Indonesia 5G forum (i5GF).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com