Kompas.com - 20/11/2018, 12:29 WIB

KOMPAS.com - Kemajuan teknologi komunikasi telah banyak membawa perubahan terhadap kehidupan manusia. Setelah hadirnya 4G di Indonesia, kini dunia internasional tengah mempersiapkan diri peluncuran generasi selanjutnya, 5G.

Pada kuliah umum ke-4078, Institut Teknologi Bandung (ITB) menghadirkan Prof. Khoirul Anwar mengupas era 5G di masa akan datang terutama bagi Indonesia dalam tema "Menghadapi Berbagai Perubahan Era 5G Dalam Bidang Teknologi, Bisnis dan Sosial."

Dosen Telkom University ini mengatakan, pada 2020 teknologi 5G akan diimplementasikan negara-negara maju. Sementara untuk Indonesia, baru siap menerapkan 5G tahun 2022 mendatang.

Indonesia tunda 2 tahun 5G

 

Kesimpulan ini didapat Khoirul Anwar sepulang dari "5G International Symposium 2018" di Jepang. "Keputusan ini berdasarkan hasil diskusi dengan Kominfo, kita menunda dulu dua tahun untuk 5G," ungkap Khoirul.

Baca juga: ITB Raih Juara National Safety Competition 2018

Dia mengatakan, implementasi dari 5G sendiri di Indonesia akan diterapkan pada bidang agriculture, disaster, transportasi. Sebab Indonesia memiliki karakteristik wilayah yang berbeda dengan negara-negara lain.

Khoirul yang juga merupakan alumni ITB ini, mengatakan target dari implementasi 5G adalah 20 gigabyte per second.

Ragam penerapan 5G

Banyak kemungkinan yang bisa terjadi setelah 5G ini hadir misalnya, kemampuan komunikasi dalam bentuk hologram, operasi di rumah sakit dilakukan dokter dalam jarak jauh, save driving car untuk transportasi dan untuk disaster.

"Penerapan 5G ini perlu kestabilan jaringan yang bagus," ujarnya.

 

Dalam teknologi 5G Khoirul menjelaskan bahwa terbagi menjadi 3 bagian utama. Untuk jaringan Broadband atau eMBB (Enhanched Mobile BroadBand) kecepatan sinyalnya mencapai 20GB/s. Kedua ada UR LLC (Ultra Reliable Low Latency Communications) lalu kemudian MMTC (Massive Machine Type Communications).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.