Berapa Usia Ideal Anak Belajar Bahasa Asing?

Kompas.com - 20/11/2018, 21:42 WIB
Anak-anak belajar www.dezeen.comAnak-anak belajar

KOMPAS.com — Banyak sekali penelitian berusaha mencari jawaban atas pertanyaan sangat kontroversial ini. Sayangnya, belum ada kesimpulan menyebut usia secara pasti, sebab belajar bahasa dipengaruhi banyak faktor, seperti lingkungan, motivasi, dan kualitas pengajaran.

Namun, sebagian besar penelitian menyatakan bahwa anak-anak dapat belajar bahasa asing sejak dini.

Dilansir dari Sahabat Keluarga Kemendikbud, peneliti di Boston Amerika Serikat, menyarankan anak-anak dapat belajar bahasa asing secara optimal sebelum usia 10 tahun.

Hal tersebut berdasarkan hasil penelitian terhadap 670.000 anak yang mereka rilis tahun 2018. Penelitian tersebut menyebutkan bahwa kemampuan belajar bahasa anak mulai melemah di usia dewasa dibanding saat anak-anak.

Joshua Hartshorne, asisten profesor psikologi Boston College yang menulis penelitian ini, menuturkan, otak dapat menyerap bahasa asing secara maksimal justru di usia belia.

“Inilah mengapa orang dewasa lebih sulit belajar bahasa dibanding anak-anak,” tulisnya dalam laporan penelitian yang ia rilis.

Baca juga: Ini 4 Dampak Buruk Bila Menekan Anak Belajar

Sementara Elizabeth Allen, warga negara Inggris pengajar bahasa Perancis dan Inggris, mengatakan, usia ideal bagi anak belajar bahasa asing adalah tiga tahun.

Hal tersebut berdasarkan pengalaman yang ia dapat selama mengajar bahasa asing sejak 1986.

Namun, ia mengingatkan, belajar bahasa asing harus dibuat menyenangkan. Orangtua harus mendampingi dan menciptakan suasana belajar yang santai.

Belajar yang paling efektif adalah melalui lagu, permainan, ataupun menonton program televisi dan film dalam bahasa asing,” ucap Allen yang pernah mengajar bahasa di berbagai negara.

Allen menyarankan, mendengarkan dan belajar menyanyikan lagu-lagu asing adalah cara terbaik untuk memperkuat pembelajaran bahasa asing.

Ia menyarankan orangtua agar mendorong putra-putri belajar bahasa asing sebelum usia 11 tahun. Sebab, berdasarkan pengalamannya, anak di usia 11 tahun ke atas akan mengalami kesulitan belajar bahasa asing dibanding sebelum usia tersebut.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X