Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Usia Ideal Anak Belajar Bahasa Asing?

Kompas.com - 20/11/2018, 21:42 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com — Banyak sekali penelitian berusaha mencari jawaban atas pertanyaan sangat kontroversial ini. Sayangnya, belum ada kesimpulan menyebut usia secara pasti, sebab belajar bahasa dipengaruhi banyak faktor, seperti lingkungan, motivasi, dan kualitas pengajaran.

Namun, sebagian besar penelitian menyatakan bahwa anak-anak dapat belajar bahasa asing sejak dini.

Dilansir dari Sahabat Keluarga Kemendikbud, peneliti di Boston Amerika Serikat, menyarankan anak-anak dapat belajar bahasa asing secara optimal sebelum usia 10 tahun.

Hal tersebut berdasarkan hasil penelitian terhadap 670.000 anak yang mereka rilis tahun 2018. Penelitian tersebut menyebutkan bahwa kemampuan belajar bahasa anak mulai melemah di usia dewasa dibanding saat anak-anak.

Joshua Hartshorne, asisten profesor psikologi Boston College yang menulis penelitian ini, menuturkan, otak dapat menyerap bahasa asing secara maksimal justru di usia belia.

“Inilah mengapa orang dewasa lebih sulit belajar bahasa dibanding anak-anak,” tulisnya dalam laporan penelitian yang ia rilis.

Baca juga: Ini 4 Dampak Buruk Bila Menekan Anak Belajar

Sementara Elizabeth Allen, warga negara Inggris pengajar bahasa Perancis dan Inggris, mengatakan, usia ideal bagi anak belajar bahasa asing adalah tiga tahun.

Hal tersebut berdasarkan pengalaman yang ia dapat selama mengajar bahasa asing sejak 1986.

Namun, ia mengingatkan, belajar bahasa asing harus dibuat menyenangkan. Orangtua harus mendampingi dan menciptakan suasana belajar yang santai.

Belajar yang paling efektif adalah melalui lagu, permainan, ataupun menonton program televisi dan film dalam bahasa asing,” ucap Allen yang pernah mengajar bahasa di berbagai negara.

Allen menyarankan, mendengarkan dan belajar menyanyikan lagu-lagu asing adalah cara terbaik untuk memperkuat pembelajaran bahasa asing.

Ia menyarankan orangtua agar mendorong putra-putri belajar bahasa asing sebelum usia 11 tahun. Sebab, berdasarkan pengalamannya, anak di usia 11 tahun ke atas akan mengalami kesulitan belajar bahasa asing dibanding sebelum usia tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com